Main Article Content

Abstract

ABSTRAK 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kognitif tentang materi, dan Segitiga berdasarkan teori Taksonomi Bloom Revisi. Sumber data dalam penelitian ini adalah Buku Teks Matematika Kelas VII Semeseter Genap Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang disusun oleh Abdur Rahman Asy'ari, dkk. Penerbit Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif. Instrumen yang digunakan lembar klasifikasi soal.Hasil penelitian pada materi Segiempat dan Segitiga adalah klasifikasi untuk enam tingkat kognitif soal memiliki komponennya yaitu C1-mempertimbangkan 3,37% (5 butir pertanyaan), C2-Memahami 18,92% (28 pertanyaan pertanyaan), C3-Mengaplikasikan 58, 11% (86 butir pertanyaan), C4-Menganalisis 18,25% (27 butir pertanyaan), C5-Mengevaluasi 1,

 

Kata Kunci : Kurikulum 2013, Tingkat Kognitif, Teori Taksonomi Bloom

 

 

ABSTRAK

 

The purpose of this research is to understand cognitive level of exercise question on Quadrilateral and Triangle topics according to  Revised Bloom’s Taxonomy Theory. 2017 revision of 2013 Curriculum Mathematics text book for 7thKelas, semester genap yang ditulis oleh Abdur Rahman Asy'ari, dkk dan diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud, digunakan sebagai sumber data untuk penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian tipe deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar klasifikasi soal. Hasil penelitian topik Segi Empat dan Segitiga ini analisis topik klasifikasi topik latihan soal untuk masing-masing komponen sebagai berikut: C1-Mengingat 3,37% (5 soal), C2-Memahami 18,92% (28 soal), C3 -Menerapkan 58 , 11% (86 pertanyaan), C4-Menganalisis 18,25% (27 pertanyaan), C5-Mengevaluasi 1,35% (2 pertanyaan) dan C6-Membuat 0% (tidak ada sama sekali).

 

Kata Kunci : Kurikulum 2013, Tingkat Kognitif, Teori Taksonomi Bloom

Keywords

Kurikulum 2013 Tingkat Kognitif Teori Taksonomi Bloom

Article Details

How to Cite
Efriyanti, A., B, N. A. Y., Susanta, A., & Irsal, N. A. (2022). ANALISIS SOAL MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA SMP KELAS VII KURIKULUM 2013 BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(1), 136–147. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.1.136-147

References

  1. Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Kemendikbud.
  2. Agustina, NK. (2018). Analisis Soal Dalam Buku Teks Matematika Smp Kelas VII Berdasarkan Pada Taksonomi Bloom Revisi. Skripsi. UIN Sunan Ampel.
  3. Anderson & Krathwohl. (2015). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  4. As’ari., A.R., Tohir, M., Valentino, E., Imron Z., & Widowati. (2017). Matematika SMP/MTS Kelas VII Semester II. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbag, Kemendikbud.
  5. BSNP. 2006. Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: On line at http://www.pusbuk.or.id/ (pada 5 Mei 2020).
  6. Dinas Pendidikan Jawa Barat. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006. (http://disdik.jabarprov.go.id/product/7/peraturatan -menteri-pendidikan-nasional-nomor-22-tahun-2006) diakses 1 juni 2020.
  7. Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika SMP. JIP, 2, 72-78.
  8. Fadlillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  9. Hapsari, HI. (2010). Analisis Materi Dan Penyajian Buku Ajar Matematika Kelas VII SMP Di Kabupaten Temanggung. Skripsi. UNNES.
  10. Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3, 27-38.
  11. Imanudin, T. N. F. (2015). Analisis Tingkat Kognitif Soal Apersepsi pada Buku Siswa Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Berdasarkan Taksonomi Bloom. SKRIPSI. Universitas Jember.
  12. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Online). Tersedia di https://kbbi.we.id/mudah.html (diakses pada 5 Agustus 2020).
  13. Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Online). Tersedia di https://kbbi.we.id/sukar.html (diakses pada 5 Agustus 2020).
  14. Kemendikbud. (2013). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. (https://www.kemendikbud.go.id/kemendikbud/dokumen/Paparan/Paparan%20Wamendik.pdf.) (Diakses pada 10 Juni 2020).
  15. Kuswana, S.W. (2012). Taksonomi Kognitif (Pengembangan Ragam Berfikir). Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.
  16. Majid, S.A. (2018). Realistic Mathematics Education in Cooperative Learning Viewed From Laerning Activity. Journal on Mathematics Education, 9, 301-310.
  17. Muchlis, M. (2010). Text Book Writing (Dasar-dasar Pemahaman Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  18. Permendikbud No 2 pasal 6 Tahun 2008. Tentang Buku. link bsnp-indonesia.org diakses pada 2 juni 2020.
  19. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  20. Sugiyono. (2012). Statistik Nonparametrik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  21. Susanti, NY., Trapsilasiwi, D., & Kurniati, D. (2015). Analisis Tingkat Kognitif Uji Kompetensi pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Matematika Kreatifi-Inovatif, 1, 65-73. (DOI: http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v6i1.4509).
  22. UU NO 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (https://luk.staffugm.ac.id) diaskes pada 3 juni 2020.
  23. Wahyudin, D. (2014). Manajemen Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.