Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkategorikan dan mempersentasekan tingkatan proses kognitif soal latihan pada buku matematika kelas VII kurikulum 2013 edisi revisi 2017 materi aritmetika sosial berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Jenis penelitian ini adalah studi literatur (library research). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar klasifikasi tingkat kognitif soal latihan dan lembar validasi kesesuaian tingkat kognitif soal. Sumber data dari penelitian ini adalah buku teks matematika kurikulum 2013 edisi revisi 2017 SMP/MTs kelas VII yang disusun oleh Abdur Rahman As’ari, dkk. penerbit Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kognitif soal-soal latihan pada buku matematika kelas VII kurikulum 2013 yaitu C1 (mengingat) ada sebanyak 0 soal (0%), C2 (memahami) sebanyak 8 soal (16%), C3 (mengaplikasikan) sebanyak 32 soal (64%), C4 (menganalisis) sebanyak 4 soal (8%), C5 (mengevaluasi) sebanyak 6 soal (12%), dan C6 (mencipta) sebanyak 0 soal (0%).

Keywords

Analisis Soal Taksonomi Bloom Tingkat Proses Kognitif

Article Details

How to Cite
Yolanda, D., Yensy, N. A., & Hanifah, H. (2022). ANALISIS SOAL LATIHAN PADA BUKU MATEMATIKA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017 KELAS VII MATERI ARITMETIKA SOSIAL BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(1), 40–47. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.1.40-47

References

  1. Agustina, N. K. (2018). Analisis Soal dalam Buku Teks Matematika SMP Kelas VII Berdasarkan pada Taksonomi Bloom Revisi. Skripsi. UIN Sunan Ampel Surabaya.
  2. Hasibuan, E., Muchlis, E. E., & Yensy, N. A. (2019). Validitas LKPD dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pada Siswa SMP Kelas VIII. Vol. 3, No. 3 (hal. 315-328). Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). Bengkulu: Universitas Bengkulu.
  3. Husamah, Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumarsono, P. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
  4. Julian, A. R., Hanifah, & Yensy, N. A. (2019). Penerapan Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII 6 SMPN 01 Kota Bengkulu. Vol. 3, No. 2 (hal. 180-187). Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). Bengkulu: Universitas Bengkulu.
  5. Novita, M. D, Muchlis, E. E., & Yensy, N. A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada Materi Segitiga untuk Siswa Kelas VII SMPN 1 Kota Bengkulu. Vol. 2, No. 1 (hal. 83-89). Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS). Bengkulu: Universitas Bengkulu.
  6. Nugroho, R. A. (2018). HOTS (Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-soal. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
  7. Nurandari, D. A., Setiawan, T. B., & Kristiana, A. I. (2015). Analisis Deskriptif Soal Matematika pada Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru SMA/SMK Tahun Ajaran 2013/2013 dan 2013/2014 Kabupaten Jember. Vol.6, No.2 (hal. 131-146). Jember: Universitas Jember.
  8. Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  9. Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
  10. Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  11. Sugiyono. (2012). Statistik Nonparametris untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  12. Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.