Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan pendekatan Saintifik dengan bantuan alat peraga tradisional sehingga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tes hasil belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMPN 2 Kota Bengkulu tahun ajaran 2019/2020 yang beranggotakan 35 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 1 siklus dengan materi penelitian adalah teorema Pythagoras. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Saintifik dengan bantuan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa pra siklus dengan siklus 1. Rata-rata hasil belajar matematika siswa pra siklus adalah 63.71 dengan ketuntasan belajar klasikal 42.85% dan pada siklus 1 rata-rata hasil belajar matematika siswa adalah 73.28 dengan ketutasan  belajar klasikal 68.57%.

 

Keywords

Hasil Belajar Pendekatan Saintifik dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Article Details

How to Cite
Girsang, M. K., Hanifah, H., & Siagian, T. A. (2022). PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VIII SMPN 2 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(1), 48–55. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.1.48-55

References

  1. Aqib, dkk. 2016. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: CV Yrama Widya.
  2. Arizzalah, Fitrianing. 2017. Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Media Konkret dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Tentang Bilangan Bulat pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Pejagoan Tahun Ajaran 2016/2017. Surakarta : Skripsi Universitas Sebelas Maret.
  3. Depdiknas. 2004. Peraturan Tentang Penilaian Perkembangan Anak Didik SMP No. 506/C/Kep/PP/2004 tanggal 11 November 2004. Ditjen Dikdasmen Depdiknas. Jakarta.
  4. Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 2. Bogor: Ghalia Indonesia
  5. Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran inovatif-progresif: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group
  6. Marlenawati, Dinsi. 2014. Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 113 Bengkulu Selatan. Bengkulu: Skripsi Universitas Bengkulu.
  7. Prasetya, Yoga. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Geometri Kelas X SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Bengkulu: Skripsi Universitas Bengkulu.
  8. Sundayana, Rotina. 2015. Media Dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.