Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tingkat kognitif soal uraian pada materi bilangan berdasarkan Taksonomi Bloom revisi. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif. Soal uraian materi bilangan bersumber dari pada buku matematika kelas VII semester ganjil terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan edisi revisi 2017. Hasil penelitian tingkat kognitif soal uraian materi bilangan hanya memuat lima tingkat kognitif dari enam tingkat kognitif Taksonomi Bloom dengan persentase sebagai berikut. C1 (Mengingat) 3,53%, C2 (Memahami) 15,92%, C3 (Mengaplikasikan) 55,75%, C4 (Menganalisis) 15,92 %, C5 (Mengevaluasi) 0,88% dan C6 (Mencipta) 7,96%. Berdasarkan hasil penelitian soal uraian materi bilangan lebih dominan pada tingkat kognitif C3 (Mengaplikasikan), hal ini menunjukkan bahwa soal belum sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 yang menetapkan soal HOTS (High Order Thinking Skill). Peserta didik diharapkan mampu berfikir tingkat tinggi dengan diberikan soal-soal pada buku matematika. Oleh karena itu perlu adanya menambahkan soal uraian yang memiliki kriteria HOTS (High Order Thinking Skill) sehingga perbandingan soal HOTS dan LOTS seimbang.

 

Keywords

Taksonomi Bloom Revisi Bilangan Kurikulum 2013.

Article Details

How to Cite
Pasinda, L., Susanta, A., Susanto, E., & Maizora, S. (2022). ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL URAIAN PADA MATERI BILANGAN SMP KELAS VII BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(1), 56–63. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.1.56-63

References

  1. Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., Airasian, P. W., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R., et al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assissing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
  2. Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Kemendikbud. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Kemendikbud.
  4. Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
  5. Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  6. Susanto, A. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Grup.
  7. Susanto, E & Rusdi. 2019. Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Project Learning Dilengkapi penggunaan Ms. Excel & SPSS. Bengkulu : Unit Penerbitan dan Publikasi FKIP Univ. Bengkulu.
  8. Setyosari, P. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.