Main Article Content
Abstract
Buku teks pelajaran berperan penting dan strategis dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dasar dan menengah. Buku teks dilengkapi dengan soal-soal latihan yang belum terklasifikasi tingkat kognitifnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kognitif soal uji kompetensi beserta persentase masing-masing tingkat kognitif soal uji kompetensi materi persamaan garis lurus pada buku kementerian pendidikan dan kebudayaan edisi revisi 2017. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah jumlah seluruh soal uji kompetensi materi persamaan garis lurus buku kementerian pendidikan dan kebudayaan edisi revisi 2017. Hasil penelitian ini menunjukan dari 42 soal C1 (Mengingat) sebesar 11,36%, kategori C2 (Memahami) sebesar 77,27%, kategori C3 (Mengaplikasikan) sebesar 11,36%, kategori C4 (Menganalsis) sebesar 0%, kategori C5 (Mengevaluasi) sebesar 0 %, kategori C6 (Mencipta) sebesar 0%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan soal uji kompetensi pada buku ini belum memenuhi persentasi ideal.tingkat kognitif berdasarkan kurikulum 2013.
Keywords
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Anderson, L.W., & Krathwohl, D,.(2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
- Apriyanti. P, Yensy, N. A., Rusdi (2018). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Tai Di Smp Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) 2(1), 76-82.
- Ariyana,Y, dkk. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta : Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Dharma,Surya.(2008). Pendekatan, Jenis, Dan Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Ditjen PMPTK
- Hasan, M. I. (2008). Pokok-pokok Materi Statistik 2. Jakarta : Bumi Aksara.
- Permendikbud Nomor 11 pasal 2 tahun 2005
- Purwantika, F., Yensy, N. A &Susanta, A.., (2017). Pebedaan Proses Belajar Matematika Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Dengan Pembelajaran Ekspositori. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 2(1), 1-8.
- Siyoto, Sandu dan Ali Sodik.2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing
- Sudjana, Nana.(2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
- Utami, F R., Susanta, A. &Yensy, N. A., (2017). Pengaruh Pembelajaran Dengan Teknik Quick On The Draw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 2(1), 182-189.
References
Anderson, L.W., & Krathwohl, D,.(2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
Apriyanti. P, Yensy, N. A., Rusdi (2018). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Tai Di Smp Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) 2(1), 76-82.
Ariyana,Y, dkk. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta : Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Dharma,Surya.(2008). Pendekatan, Jenis, Dan Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Ditjen PMPTK
Hasan, M. I. (2008). Pokok-pokok Materi Statistik 2. Jakarta : Bumi Aksara.
Permendikbud Nomor 11 pasal 2 tahun 2005
Purwantika, F., Yensy, N. A &Susanta, A.., (2017). Pebedaan Proses Belajar Matematika Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Dengan Pembelajaran Ekspositori. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 2(1), 1-8.
Siyoto, Sandu dan Ali Sodik.2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing
Sudjana, Nana.(2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Utami, F R., Susanta, A. &Yensy, N. A., (2017). Pengaruh Pembelajaran Dengan Teknik Quick On The Draw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 2(1), 182-189.