Main Article Content

Abstract

Buku teks pelajaran berperan penting dan strategis dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dasar dan menengah. Buku teks dilengkapi dengan soal-soal latihan yang belum terklasifikasi tingkat kognitifnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kognitif soal uji kompetensi beserta persentase masing-masing tingkat kognitif soal uji kompetensi materi persamaan garis lurus pada buku kementerian pendidikan dan kebudayaan edisi revisi 2017. Jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriftif  dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah jumlah seluruh soal uji kompetensi materi persamaan garis lurus buku kementerian pendidikan dan kebudayaan edisi revisi 2017. Hasil penelitian ini menunjukan dari 42 soal C1 (Mengingat) sebesar 11,36%, kategori C2 (Memahami) sebesar 77,27%, kategori C3 (Mengaplikasikan) sebesar 11,36%, kategori C4 (Menganalsis) sebesar 0%, kategori C5 (Mengevaluasi) sebesar 0 %, kategori C6 (Mencipta) sebesar 0%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan soal uji kompetensi  pada buku ini belum memenuhi persentasi ideal.tingkat kognitif berdasarkan kurikulum 2013.

Keywords

Buku Taksonomi Bloom Revisi Tingkat Kognitif

Article Details

How to Cite
Fitria, J., Yensy, N. A., Irsal, N. A., & Agustinsa, R. (2022). ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL UJI KOMPETENSI MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN EDISI REVISI 2017 BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(1), 64–72. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.1.64-72

References

  1. Anderson, L.W., & Krathwohl, D,.(2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
  2. Apriyanti. P, Yensy, N. A., Rusdi (2018). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan Tai Di Smp Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) 2(1), 76-82.
  3. Ariyana,Y, dkk. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta : Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  4. Dharma,Surya.(2008). Pendekatan, Jenis, Dan Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Ditjen PMPTK
  5. Hasan, M. I. (2008). Pokok-pokok Materi Statistik 2. Jakarta : Bumi Aksara.
  6. Permendikbud Nomor 11 pasal 2 tahun 2005
  7. Purwantika, F., Yensy, N. A &Susanta, A.., (2017). Pebedaan Proses Belajar Matematika Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Dengan Pembelajaran Ekspositori. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 2(1), 1-8.
  8. Siyoto, Sandu dan Ali Sodik.2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing
  9. Sudjana, Nana.(2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  10. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
  11. Utami, F R., Susanta, A. &Yensy, N. A., (2017). Pengaruh Pembelajaran Dengan Teknik Quick On The Draw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 2(1), 182-189.