Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan mengamati pada buku Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2017 Berdasarkan Tahap Investigasi Pada Model Group Investigation. Analisis kesesuaian ditinjau dari aspek lembar observasi penilaian kegiatan mengamati pada buku teks matematika SMP Kelas VII Semester II tahap investigasi berdasarkan model Group Investigation. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi yang diisi oleh peneliti dan teman sejawat. Analisis data menggunakan deskriptif dan dilanjutkan dengan Uji Kappa. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) pada aspek tahap investigasi bab 6 memperoleh rata-rata skor penilaian sebesar 86,66 % dengan kriteria sangat sesuai, (2) pada bab 7 memperoleh rata-rata skor penilaian sebesar 80 % dengan kriteria sangat sesuai, dan (3) pada bab 8 memperoleh rata-rata skor penilaian sebesar 94,28 % dengan kriteria sangat sesuai, dan (4) pada hasil keabsahan uji kappa pada aspek tahap investigasi, memperoleh rata-rata skor penilaian sebesar 0,778 dengan kriteria kuat.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Hardina, P., Rusdi, R., Yensy, N. A., & Muchlis, E. E. (2022). ANALISIS BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS VII SEMESTER II TERBITAN KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN EDISI REVISI 2017 BERDASARKAN TAHAP INVESTIGASI PADA MODEL GROUP INVESTIGATION. JP2MS, 6(1), 73–85. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.1.73-85

Referensi

  1. Pramesti, Santika Lya. 2017. Analisis Materi dan Penyajian Buku Teks Matematika Sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol 5 (1). Hal 25-32.
  2. Taniredja, Tukiran. & Faridli, Efi Miftah. & Harmianto, Sri. (2015). Model-Model Pmebelajaran Inovatif dan Efektif. Purwokerto: ALFABETA.
  3. Wahyuningrum, H, dan Murtiyasa, B. 2017. Analisis Materi dan Soal Matematika Dalam Buku Tematik Kurikulum 2013 Siswa Sekolah Dasar Kelas V Berdasarkan Taksonomi TIMSS. Universitas Muhammadiyah Surakarta, ISSN : 2502-6526.
  4. Rahman As’ari, Abdur & Tohir dkk. 2017. Matematika. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
  5. Permendiknas Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Buku.
  6. Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
  7. Isrok’atun & Rosmala, Amelia. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta : Bumi Aksara