Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan mengamati pada buku Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Edisi Revisi 2017 Berdasarkan Tahap Investigasi Pada Model Group Investigation. Analisis kesesuaian ditinjau dari aspek lembar observasi penilaian kegiatan mengamati pada buku teks matematika SMP Kelas VII Semester II tahap investigasi berdasarkan model Group Investigation. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar observasi yang diisi oleh peneliti dan teman sejawat. Analisis data menggunakan deskriptif dan dilanjutkan dengan Uji Kappa. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) pada aspek tahap investigasi bab 6 memperoleh rata-rata skor penilaian sebesar 86,66 % dengan kriteria sangat sesuai, (2) pada bab 7 memperoleh rata-rata skor penilaian sebesar 80 % dengan kriteria sangat sesuai, dan (3) pada bab 8 memperoleh rata-rata skor penilaian sebesar 94,28 % dengan kriteria sangat sesuai, dan (4) pada hasil keabsahan uji kappa pada aspek tahap investigasi, memperoleh rata-rata skor penilaian sebesar 0,778 dengan kriteria kuat.
Rincian Artikel
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Pramesti, Santika Lya. 2017. Analisis Materi dan Penyajian Buku Teks Matematika Sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol 5 (1). Hal 25-32.
- Taniredja, Tukiran. & Faridli, Efi Miftah. & Harmianto, Sri. (2015). Model-Model Pmebelajaran Inovatif dan Efektif. Purwokerto: ALFABETA.
- Wahyuningrum, H, dan Murtiyasa, B. 2017. Analisis Materi dan Soal Matematika Dalam Buku Tematik Kurikulum 2013 Siswa Sekolah Dasar Kelas V Berdasarkan Taksonomi TIMSS. Universitas Muhammadiyah Surakarta, ISSN : 2502-6526.
- Rahman As’ari, Abdur & Tohir dkk. 2017. Matematika. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Permendiknas Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Buku.
- Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
- Isrok’atun & Rosmala, Amelia. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta : Bumi Aksara
Referensi
Pramesti, Santika Lya. 2017. Analisis Materi dan Penyajian Buku Teks Matematika Sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol 5 (1). Hal 25-32.
Taniredja, Tukiran. & Faridli, Efi Miftah. & Harmianto, Sri. (2015). Model-Model Pmebelajaran Inovatif dan Efektif. Purwokerto: ALFABETA.
Wahyuningrum, H, dan Murtiyasa, B. 2017. Analisis Materi dan Soal Matematika Dalam Buku Tematik Kurikulum 2013 Siswa Sekolah Dasar Kelas V Berdasarkan Taksonomi TIMSS. Universitas Muhammadiyah Surakarta, ISSN : 2502-6526.
Rahman As’ari, Abdur & Tohir dkk. 2017. Matematika. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Permendiknas Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Buku.
Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Isrok’atun & Rosmala, Amelia. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta : Bumi Aksara