Main Article Content

Abstract

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah menetapkan standar-standar kesesuaian buku teks untuk melindungi masyarakat dari buku-buku teks yang bermutu rendah. Namun pada kenyataannya masih banyak beredar buku teks yang belum sesuai dengan BSNP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian buku teks matematika kurikulum 2013 SMP Kelas VII semester 1 revisi 2017 pada pokok bahasan bentuk aljabar terbitan Kemendikbud berdasarkan kriteria BSNP pada sub aspek keruntutan penyajian. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah buku teks matematika SMP kelas VII semester 1 edisi 2017 terbitan Kemendikbud. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi sub aspek keruntutan penyajian yang sesuai dengan kriteria BSNP. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian buku teks matematika yang ditinjau dari sub aspek keruntutan penyajian menurut BSNP memperoleh rata-rata persentase akhir 90% dengan kriteria sangat sesuai.

Keywords

Analisis Buku Teks Matematika BSNP Kesesuaian

Article Details

Author Biography

Icha Rozalia, Prodi S1 Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Pendidikan Matematika
How to Cite
Rozalia, I., Hanifah, H., Susanto, E., & Lestary, R. (2022). ANALISIS BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KELAS VII TERBITAN KEMENDIKBUD BERDASARKAN KRITERIA BSNP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(1), 86–96. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.1.86-96

References

  1. Aqib, Z., Diniati, E., Jaiyaroh, S., & Khotimah, K. 2013. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLTB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
  2. As’ari, A.R, Mohammad Tohir, Erik Valentino, Zainul Imron, dan Ibnu Taufiq. 2017. Matematika SMP/Mts Kelas VII Semester 1. Jakarta: Kementerian Pensisikan dan Kebudayaan.
  3. Muslich, Masnur. 2010. Textbook Writing, Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
  4. Nengsi, Rafika Z., Rusdi, Hanifah. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, And Review dengan Pendekatan Saintifik Di Kelas VIII 1 SMP Negeri 8 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 102-103.
  5. Pranyoto, Budi Eko dan Sujadi, A. A. 2015. Analisis Kesalahan Buku Pelajaran Matematika SMP Kelas VII Kurikulum 2013 Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013. FKIP: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.
  6. Prastowo, A. 2015. Panduan Kreatif Membuat Buku teks Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
  7. Setiawan Adi, Tri Jalmo, Arwin Surbakti. 2018. Analisis Kesesuaian Materi Ruang LIngkup Biologi Pada Buku Teks SMA Kelas X. FKIP: Universitas lampung.
  8. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  9. Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
  10. Susanto, E. , Susanta, A., & Rusdi. (2020). efektivitas project based learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal THEOREMS, Vol.5 No.1, hal.61-68.
  11. Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.