Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kognitif soal latihan dan persentase masing-masing tingkat kognitif soal latihan pada buku matematika kurikulum 2013 edisi revisi 2017 berdasarkan Taksonomi Bloom. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yakni lembar klasifikasi tingkat kognitif soal latihan. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks matematika yakni buku matematika kurikulum 2013 edisi revisi 2017 SMP/MTs kelas VII yang disusun oleh Abdur Rahman Asy’ari, dkk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keenam kategori tingkat kognitif pada soal latihan materi lingkaran yakni C1 (remember), C2 (understanding), C3 (applying), C4 (analyze), C5 (evaluate),dan C6 (create). Persentase kategori tingkat kognitif pada soal latihan materi aritmatika sosial yakni C1 (remember) 1,14%, C2 (understanding) 5,68%, C3 (applying) 72,73%, C4 (analyze) 2,27%, C5 (evaluate) 10,23%, dan C6 (create) 7,95%. Hal ini menunjukkan bahwa proporsi presentase tingkat kognitif soal pada pokok bahasan Aritmatika Sosial belum sesuai terutama dalam mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking) peserta didik.

 

Keywords

Analisis Soal Taksonomi Bloom Tingkat Kognitif

Article Details

How to Cite
Heryanto, H., Susanta, A., & Hanifah, H. (2021). ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL-SOAL BUKU AJAR MATEMATIKA KELAS VII MATERI ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(1), 131–138. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.1.131-138