Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kognitif soal yang terdapat dalam buku teks matematika Kelas VII berdasarkan Taksonomi Bloom. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah soal-soal materi penyajian data pada buku teks matematika SMP/MTs Kelas VII edisi revisi 2017 terbitan Kemendikbud. Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan observasi. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa persentase tingkat kognitif soal materi penyajian data adalah 28,07% tingkat C1 (mengingat), 52,63% tingkat C2 (memahami), 19,3% tingkat C3 (mengaplikasikan), 0% tingkat C4 (menganalisis), tingkat C5 (mengevaluasi) dan tingkat C6.

Keywords

Analisis Soal Taksonomi Bloom Tingkat Kognitif Soal

Article Details

How to Cite
Kurniawan, T., Hanifah, H., Susanto, E., & Utari, T. (2022). ANALISIS SOAL BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS VII EDISI REVISI 2017 PADA MATERI PENYAJIAN DATA TERBITAN KEMENDIKBUD BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(1), 97–107. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.1.97-107

References

  1. Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Imanuddin, Try Fauzi Nur. Skripsi: “Analisis Tingkat Kognitif Soal Apersepsi Pada Buku Siswa Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Berdasarkan Taksonomi Bloom”. Jember: Universitas Negeri Jember, 2015.
  3. Kemendikbud. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Kemendikbud.
  4. Kumalasari, Ellisia. 2009. Analisis Tingkat Kognitif Pernyataan pada Buku Teks Matematika Kelas VII Pokok Bahsan Bilangan Bulat Berdasarkan Taksonomi Bloom. Skripsi, Jember: Unversitas Jember.
  5. Masduki. Subandriah, M.R. Irawan, D.Y. Prihantoro, A. 2013. Level Kognitif soal-soal Pada Buku Teks Matematika SMP Kelas VII, diseminarkan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, ISBN : 978 – 979 – 16353 – 9 – 4.
  6. Russeffendi, E.T. 2010. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
  7. Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  8. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
  9. Suharman, A & Romadhona, R. 2020. Analisis Soal-Soal Uji Kompetensi Pada Buku Teks Matematika SMA Kelas XI Peminatan IPA Semester I Berdasarkan Tingkat Kognitif Taksonomi Bloom, Jurnal Tanjak: Journal of Education and Teaching, Vol 1 No. 1.
  10. Susanto, Susanta, & Rusdi. 2020. Higher Order Thinking Skill (Hots) Mathematics Instrument Test Based On Macromedia Flash For Junior Secondary School Students In Bengkulu City. Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS. Volume 18, No 1.