Main Article Content

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek penyajian buku teks matematika SMP kelas VII semester 2 kurikulum 2013 tebitan Erlangga revisi tahun 2016 pada pokok bahasan perbandingan yang ditinjau dari sub aspek keruntutan penyajian yang terdiri dari tiga butir penilaian yaitu penyajian materi sesuai dengan alur berpikir induktif untuk membuat dugaan atau alur berpikir deduktif untuk menyatakan proposisi, konsep disajikan dari yang mudah ke yang sukar, dan materi prasyarat disajikan mendahului materi pokok. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kualitatif (Descriptive Qualitative Research). Subjek dalam penelitian ini adalah buku teks Matematika untuk SMP Kelas VII Semester 2 terbitan Erlangga Karangan M.Cholik Adinawan pada pokok bahasan perbandingan yang terdiri dari delapan sub pokok bahasan yaitu gambar berskala, mengenal perbandingan, menyatakan dan menyelesaikan perbandingan, perbandingan senilai, perbandingan berbalik nilai, grafik perbandingan, penerapan perbandingan dalam kehidupan sehari-hari, variasi perbandingan senilai dan berbalik nilai. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar penilaian buku teks dari BSNP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesesuaian buku teks matematika ditinjau dari sub aspek keruntutan penyajian dikategorikan sangat sesuai dengan persentase sebesar 89,58%.

Kata kunci : Analisis, Buku Teks Matematika, BSNP, Kesesuaian

 

Abstract

This study aims to describe the aspects of the presentation of the mathematics textbook for class VII semester 2 of the 2013 curriculum published by Erlangga in the 2016 revision on the subject of comparison in terms of sub-aspects of presentation clutter consisting of three points of assessment, namely the presentation of material according to the inductive thinking flow to make assumptions. or deductive thought flow to state propositions, concepts are presented from easy to difficult ones, and prerequisite material is presented before the subject matter. This type of research is Descriptive Qualitative Research (Descriptive Qualitative Research). The subjects in this study were the Mathematics textbook for Class VII Semester 2 Junior High School published by Erlangga Karangan M. Cholik Adinawan on the subject of comparison consisting of eight sub-subjects, namely scaled images, recognizing comparisons, stating and completing comparisons, comparisons of value, comparisons of turning values. , comparison charts, the application of comparisons in everyday life, variations in value comparisons and reversed values. The instrument in this study was a textbook assessment sheet from BSNP. The results of this study indicate that the suitability of mathematics textbooks in terms of the sub-aspects of presentation clutter is categorized as very suitable with the percentage of 89.58%.

 

Keywords :Analysis, Textbook of Math, BSNP,Suitability

Keywords

Analysis Textbook of Math BSNP Suitability

Article Details

How to Cite
Pratiwi, E., Susanta, A., & Siagian, T. A. (2021). ANALISIS SUB ASPEK KERUNTUTAN PENYAJIAN BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KELAS VII KURIKULUM 2013 TERBITAN ERLANGGA REVISI TAHUN 2016 PADA POKOK BAHASAN PERBANDINGAN. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(2), 221–232. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.2.221-232

References

  1. Adinawan, M, Cholik.2016. Matematika SMP Kelas VII Semester 2 Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga
  2. Aqib, Z., Diniati, E., Jaiyaroh, S., & Khotimah, K. 2013. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLTB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
  3. Firdaus, Aziz, Siti Samhati, dan Edi Suyanto. 2014. Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Terbitan Erlangga Kelas VII SMP/MTs. FKIP: Universitas Lampung
  4. Gunawan Imam. 2014. Metode penelitian Kualitatif Teori dan praktik. Jakarta: Bumi Aksara
  5. Hikmah Siti Wulandari N. 2015. Analisis Buku Teks Matematika Penerbit Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk SMA Kelas IX Pokok Bahasan Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers Berdasarkan Kriteria Bell. FKIP: Universitas Jember
  6. Muslich, Masnur. 2010. Textbook Writing, Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
  7. Permana, M. A., Muchlis, E. E., Susanta, Agus. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Dididk dengan Metode Problem Solvung pada Materi Persamaan Lingkaran Kelas XI MIPA SMAN 5 Kota Bengkulu. FKIP: Universitas Bengkulu
  8. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional pendidikan, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2005
  9. Risminawati, Fatimah Puput. 2017. Analisi Materi, Penyajian Dan Bahasa Buku Teks Matematika Smp Kelas Viii Di Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2015/2016. FKIP: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  10. Setiawan Adi, Tri Jalmo, Arwin Surbakti. 2018. Analisis Kesesuaian Materi Ruang LIngkup Biologi Pada Buku Teks SMA Kelas X. FKIP: Universitas lampung.
  11. Triutami, Indah., Yensy, N. A., Siagian, T.A. 2020. Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP antara Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Inkuiri Terbimbing. FKIP: Universitas Bengkulu