Main Article Content
Abstract
Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kesesuaian tahap mengamati dengan berdasarkan pendekatan Saintifik pada buku teks matematika SMP kelas VII semester II kurikulum 2013 penerbit Kemendikbud edisi revisi 2017 pada materi Segiempat dan Segitiga. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Melalui pendekatan kualitatif ini akan terungkap gambaran mengenai realitas social, presepsi sasaran penelitian dan peneliti akan berusaha memahami dan mendeskripsikan yang akan di analisis. Subjek dalam penelitian ini yaitu buku teks matematika SMP kelas VII semester II kurikulum 2013 penerbit Kemendikbud edisi revisi 2017. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen yang sesuai dengan metode pengumpulan data penelitian dengan menggunakan teknik dokumentasi secara langsung pada buku teks matematika SMP kelas VII semester 2 terbitan Kemendikbud 2013 edisi revisi 2017. Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa kesesuaian tahap mengamati dengan berdasarkan pendekatan Saintifik pada buku teks matematika materi aritmatika sosial yang ditinjau oleh peneliti yaitu memperoleh rata-rata persentase akhir 91% sedangkan oleh pengamat rata-rata persentase akhir 92% dengan kriteria sangat sesuai, sehingga hasil nilai Uji Kappa yaitu 1,000 dengan kategori sangat baik.
Kata kunci : Analisis, Buku Teks Matematika, Kesesuaian, Pendekatan Saintifik
Abstract
The purpose of this study was to analyze the suitability of the observing stage based on the scientific approach in the mathematics textbook of SMP class VII semester II of the 2013 curriculum of the Ministry of Education and Culture publisher's 2017 revised edition on Quadrilateral and Triangles material. The type of research used is descriptive with a qualitative approach. Through this qualitative approach, a picture of social reality will be revealed, the perceptions of the research target and the researcher will try to understand and describe what will be analyzed. The subjects in this study were mathematics textbooks for SMP class VII semester II curriculum 2013, the Ministry of Education and Culture publisher's 2017 revised edition. The instrument used in this study is an instrument that is in accordance with the research data collection method using direct documentation techniques in the mathematics textbook of class VII Junior High School. semester 2 published by the Ministry of Education and Culture 2013 revised edition 2017. The results obtained in this study indicate that the suitability of the observation stage based on the scientific approach in the mathematics textbook on social arithmetic material reviewed by the researcher is to obtain an average final percentage of 91% while the average observer is The final average percentage is 92% with very suitable criteria, so the result of the Kappa test value is 1,00 in a excellent category.
Keywords : Analysis, Mathematics Textbooks, Conformity, Scientific Approach
Keywords
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Aqib, Z. & Diniati, & Khitimah, K. (2016). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung:Yrama Widya.
- Baharuddin dan & wahyuni, Nur Esa. (2015). Teori Belajar dan Pembelajran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- Dianti. A, Rusi, Yensy. A. N (2020). Penerapan Model Pembelajaran Generatif Uuntuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP NEGERI 11 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) Volume 4, No.1, April 2020.
- Hamalik, Oemar. (2001). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
- Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontektual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
- Pranyoto. E. B dan Sujadi. A. A (2015). Analisis Kesalahan Buku Pelajaran Matematika SMP Kelas VII Kurikulum 2013 Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Repupblik Indonesia 2013. Jurnal Pendidikan Matematika vol.3 No.2, Juli 2015.
- Pramesti, S. L. (2017). Analisis Materi Dan Penyajian Buku Teks Matematika Sebagai Sumbar Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 23-32.
- Napitupulu Darmawan (2014). Studi Validitas dan Reabilitas Faktor Sukses Implementasi E-Government Berdasarkan Pendekatan Kappa. Journal of Information Systems, Volume 10, Issue 2, October 2014
- Musfiqon, HM & Nurdyansyah (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Siduarjo: Nizamia Learning Center
- Rahmawati Gustini (2015). Buku Teks pelajaran Sebagai Sumber belajar Siswa Di Perpustakaan Seklah Di SMAN 03 Bandung. Junal Edulid, 5(1), 102-113.
- Utami. I, Yensy. A. N, Siagian. A. T (2020). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Antara Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) Volume 4, No.1, April 2020
- Suyono & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
References
Aqib, Z. & Diniati, & Khitimah, K. (2016). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung:Yrama Widya.
Baharuddin dan & wahyuni, Nur Esa. (2015). Teori Belajar dan Pembelajran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Dianti. A, Rusi, Yensy. A. N (2020). Penerapan Model Pembelajaran Generatif Uuntuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP NEGERI 11 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) Volume 4, No.1, April 2020.
Hamalik, Oemar. (2001). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontektual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Pranyoto. E. B dan Sujadi. A. A (2015). Analisis Kesalahan Buku Pelajaran Matematika SMP Kelas VII Kurikulum 2013 Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Repupblik Indonesia 2013. Jurnal Pendidikan Matematika vol.3 No.2, Juli 2015.
Pramesti, S. L. (2017). Analisis Materi Dan Penyajian Buku Teks Matematika Sebagai Sumbar Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 23-32.
Napitupulu Darmawan (2014). Studi Validitas dan Reabilitas Faktor Sukses Implementasi E-Government Berdasarkan Pendekatan Kappa. Journal of Information Systems, Volume 10, Issue 2, October 2014
Musfiqon, HM & Nurdyansyah (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Siduarjo: Nizamia Learning Center
Rahmawati Gustini (2015). Buku Teks pelajaran Sebagai Sumber belajar Siswa Di Perpustakaan Seklah Di SMAN 03 Bandung. Junal Edulid, 5(1), 102-113.
Utami. I, Yensy. A. N, Siagian. A. T (2020). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Antara Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Inkuiri Terbimbing. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS) Volume 4, No.1, April 2020
Suyono & Hariyanto. (2014). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.