Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif untuk mengetahui kesalahan apa saja yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan pola bilangan kelas VIII SMP IT Ma’had Rabbani Bengkulu Tengah Tahun ajaran 2019/2020. Sebanyak 30 peserta didik kelas VIII dipilih sebagai subjek penelitian ini. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian  ini  adalah  lembar  tes.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  bentuk  kesalahan  yang dilakukan peserta didik dalam menyelesaikan soal tentang pola bilangan yaitu : a) kesalahan menentukan pola bilangan persegi berdasarkan barisan dilakukan oleh 63,33% peserta didik, b) kesalahan menentukan  pola  bilangan  persegi  berdasarkan  gambar  dilakukan  oleh  63,33%  peserta didik, c) kesalahan dalam menentukan rumus pola bilangan persegi dilakukan oleh 33,33% peserta didik, d) kesalahan menentukan pola bilangan persegi panjang berdasarkan barisan dilakukan oleh 83,33% peserta didik, e) kesalahan menentukan pola bilangan persegi panjang berdasarkan gambar dilakukan  oleh  70%  peserta  didik,  f)  kesalahan  dalam  menentukan  rumus  pola  bilangan  persegi panjang dilakukan oleh 43,33% peserta didik, g) kesalahan menentukan pola bilangan segitiga berdasarkan barisan dilakukan oleh 63,33% peserta didik, h) kesalahan menentukan pola bilangan segitiga berdasarkan gambar dilakukan oleh 93,33% peserta didik, i) kesalahan dalam menentukan rumus pola bilangan persaegi dilakukan oleh 53,33% peserta didik.


Kata Kunci : Analisis, Deskriptif, Kesalahan, Pola Bilangan.

Article Details

How to Cite
Utomo, G. W., Yensy, N. A., Hanifah, H., & Stiadi, E. (2022). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA POKOK BAHASAN POLA BILANGAN DAN BARISAN BILANGAN KELAS VIII SMP IT MA’HAD RABBANI BENGKULU TENGAH. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(3), 450–458. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.3.450-458

References

  1. Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Asdi Mahasatya
  2. Afandi, Muhammad dkk. 2013. Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang : UNISSULA PRESS.
  3. Agustiva, dkk. 2016. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Statistika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.4, No.1
  4. Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  5. Abdurrahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta
  6. Danim, S. 2013. Pengantar Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  7. Dimyanti dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
  8. Hanik, Asti. 2015. Faktor-faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pengolahan Makanan Koninental Siswa Kelas XI Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Wonosari. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta
  9. Hendriana, Heris dan Utara Soemarmo. 2014. Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama
  10. Isrok’atun dan Amelia Rosmala. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta : PT Bumi Aksara.
  11. Jakni. 2016. Metodelogi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
  12. Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
  13. Juliant, Aditya. 2016. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Pola Bilangan Ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. Jurnal
  14. Jumini, Muhamad. 2018. Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Pola Bilangan Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Ambon. Jurnal
  15. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2017. Matematika Untuk SMP/MTs Kelas VIII Semester 2 Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
  16. Komalasari, Kokom. 2017. Pembelajaran Kontekstual Formula dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama
  17. Lestari,Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : Reflika Aditama
  18. Marion. 2015. Desain Pembelajaran Pola Bilangan Menggunakan Model Jaring Laba-Laba Di SMP. Jurnal Pendidikan. Vol.45, No.1
  19. Offirstson, Topic. 2014. Aktivitas Pembelajaran Matematika Melalui Inkuiri Dengan Berbantuan Software Cinderella. Yogyakarta : Deepublish.
  20. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran
  21. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi
  22. Rahayu, Sri. 2018. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pokok Pola Bilangan Di SMP Negeri Remban Kelas VIII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal
  23. R. Soedjaji. 2000. Kiat Pendidikan Matematika Indonesia. Jakarta: Dep. Pendidikan Matematika
  24. Sisdiknas, 2007. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Elsam.
  25. Sahriah, Sitti. 2012. “ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI OPERASI PECAHAN BENTUK ALJABAR KELAS VIII SMP NEGERI 2 MALANG.” Jurnal Pendidikan Eksakta.
  26. Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
  27. Sudjana, Nana. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
  28. Sudjiono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
  29. Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu, Formula, Strategi dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
  30. Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
  31. Vitasari, Nila, dan Trisniawati. 2017. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahapeserta didik PGSD Universitas Sarjanawiyata Tamanpeserta didik Melalui Problem Posing. Jurnal Taman Cendekia. 1 (2) : 78 – 86.
  32. Widdiharto,Rachmadi. 2008. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP dan Alternatif Proses Remedinya. Yogyakarta: PPPPTK Matematika
  33. Yensy, Nurul. 2018. Diagnosis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Perhitungan Peluang Pada Matakuliah Statistik Matematika. Jurnal Pendidikan Eksakta. Vol.2, No.4