Main Article Content

Abstract

ABSTRAK
Agustina Setiawati, 2020. Analisis Tingkat Kognitif Soal Latihan Matematika Materi Relasi dan Fungsi kelas VIII Buku Matematika Kurikulum 2013 Penerbit Erlangga Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Skripsi, S1 Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Pembimbing Utama Ibu Nurul Astuty Yensy B, S.Si., M.Si dan Pembimbing Pendamping Dr. Hanifah, M.Kom.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebaran tingkat kognitif soal latihan pada materi relasi dan fungsi kelas VIII pada buku matematika kurikulum 2013 penerbit erlangga berdasarkan taksonomi bloom revisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif (penelitian deskriptif). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar klasifikasi tingkat kognitif soal. Sumber data dalam penelitian ini adalah Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika kelas VIII Kurikulum 2013 Semester I yang disusun oleh M. Cholik Adinawan Penerbit Erlangga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan enam tingkat kognitif pada revisi Taksonomi Bloom, soal-soal pada pokok bahasan relasi dan fungsi berada pada kategori tingkat kognitif C1- mengingat sebesar 6,06% (8 butir pertanyaan), C2-Memahami sebesar 48,48% (64 butir pertanyaan),


Kata Kunci: Analisis Soal, Taksonomi Bloom Revisi, Tingkat Kognitif

Keywords

Matematika

Article Details

How to Cite
Wati, A. S., Yensy B, N. A., & Hanifah, H. (2021). Analisis Tingkat Kognitif Soal Latihan Materi Relasi dan Fungsi Kelas VIII Buku Matematika Kurikulum 2013 Penerbit Erlangga Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(2), 244–252. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.2.244-252

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., Airasian, P. W., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R.,et al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assissing: A Revision of BloomsTaxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
  3. Dharma, S. (2008). Pendekatan, Jenis dan Metode Penelitian. Jakarta: Ditjen PMPTK.
  4. Effendi, Ramlan . (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Mtematika. Vol 2 no 1.
  5. Hasan, M. I. (2008). Pokok-pokok materi statistik 2. Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Islah, Zamsir, Mukhsar, & Rahman. (2019). Klasifikasi Soal Matematika Berdasarkan Taksonomi
  7. Anderson Di SMP Kota Kendari . Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, Vol. 4, No. 2 .
  8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 71 tahun 2013.
  9. Siyoto, Sandu, & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Jogjakarta: Literasi Media Publishing.
  10. Sudjana, N. (2016). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung:Remaja Rosdakarya.
  11. Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan kuantitatif,kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
  12. Suharman, Agus & Ramadhona, Rezky. (2020). Analisis Soal-Soal Uji Kompetensi Pada Buku Teks Matematika SMA Kelas XI Peminatan IPA Semester 1 Berdasarkan Tingkat Kognitif Taksonomi Bloom. Jurnal Tanjak: Journal of Education and Teaching , Vol 1, No.1.
  13. Susanti, N.Y., Trapsilasiwi, & D., Kurniati, D. (2015). Analisis Tingkat Kognitif Uji Kompetensi pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, Vol 6, No.1