Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK
Agustina Setiawati, 2020. Analisis Tingkat Kognitif Soal Latihan Matematika Materi Relasi dan Fungsi kelas VIII Buku Matematika Kurikulum 2013 Penerbit Erlangga Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Skripsi, S1 Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bengkulu, Pembimbing Utama Ibu Nurul Astuty Yensy B, S.Si., M.Si dan Pembimbing Pendamping Dr. Hanifah, M.Kom.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebaran tingkat kognitif soal latihan pada materi relasi dan fungsi kelas VIII pada buku matematika kurikulum 2013 penerbit erlangga berdasarkan taksonomi bloom revisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif (penelitian deskriptif). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar klasifikasi tingkat kognitif soal. Sumber data dalam penelitian ini adalah Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika kelas VIII Kurikulum 2013 Semester I yang disusun oleh M. Cholik Adinawan Penerbit Erlangga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan enam tingkat kognitif pada revisi Taksonomi Bloom, soal-soal pada pokok bahasan relasi dan fungsi berada pada kategori tingkat kognitif C1- mengingat sebesar 6,06% (8 butir pertanyaan), C2-Memahami sebesar 48,48% (64 butir pertanyaan),
Kata Kunci: Analisis Soal, Taksonomi Bloom Revisi, Tingkat Kognitif
Rincian Artikel
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- DAFTAR PUSTAKA
- Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., Airasian, P. W., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R.,et al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assissing: A Revision of BloomsTaxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
- Dharma, S. (2008). Pendekatan, Jenis dan Metode Penelitian. Jakarta: Ditjen PMPTK.
- Effendi, Ramlan . (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Mtematika. Vol 2 no 1.
- Hasan, M. I. (2008). Pokok-pokok materi statistik 2. Jakarta: Bumi Aksara.
- Islah, Zamsir, Mukhsar, & Rahman. (2019). Klasifikasi Soal Matematika Berdasarkan Taksonomi
- Anderson Di SMP Kota Kendari . Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, Vol. 4, No. 2 .
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 71 tahun 2013.
- Siyoto, Sandu, & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Jogjakarta: Literasi Media Publishing.
- Sudjana, N. (2016). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung:Remaja Rosdakarya.
- Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan kuantitatif,kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
- Suharman, Agus & Ramadhona, Rezky. (2020). Analisis Soal-Soal Uji Kompetensi Pada Buku Teks Matematika SMA Kelas XI Peminatan IPA Semester 1 Berdasarkan Tingkat Kognitif Taksonomi Bloom. Jurnal Tanjak: Journal of Education and Teaching , Vol 1, No.1.
- Susanti, N.Y., Trapsilasiwi, & D., Kurniati, D. (2015). Analisis Tingkat Kognitif Uji Kompetensi pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, Vol 6, No.1
Referensi
DAFTAR PUSTAKA
Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., Airasian, P. W., Cruikshank, K. A., Mayer, R. E., Pintrich, P. R.,et al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assissing: A Revision of BloomsTaxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.
Dharma, S. (2008). Pendekatan, Jenis dan Metode Penelitian. Jakarta: Ditjen PMPTK.
Effendi, Ramlan . (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom dan Implementasinya Pada Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Mtematika. Vol 2 no 1.
Hasan, M. I. (2008). Pokok-pokok materi statistik 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Islah, Zamsir, Mukhsar, & Rahman. (2019). Klasifikasi Soal Matematika Berdasarkan Taksonomi
Anderson Di SMP Kota Kendari . Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, Vol. 4, No. 2 .
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 71 tahun 2013.
Siyoto, Sandu, & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Jogjakarta: Literasi Media Publishing.
Sudjana, N. (2016). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung:Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan kuantitatif,kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suharman, Agus & Ramadhona, Rezky. (2020). Analisis Soal-Soal Uji Kompetensi Pada Buku Teks Matematika SMA Kelas XI Peminatan IPA Semester 1 Berdasarkan Tingkat Kognitif Taksonomi Bloom. Jurnal Tanjak: Journal of Education and Teaching , Vol 1, No.1.
Susanti, N.Y., Trapsilasiwi, & D., Kurniati, D. (2015). Analisis Tingkat Kognitif Uji Kompetensi pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, Vol 6, No.1