Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis akurasi materi buku teks Kemendikbud matematika SMP kelas VII kurikulum 2013 revisi 2016 pada pokok bahasan segiempat dan segitiga. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kualitatif (Descriptive Qualitative Research). Objek dalam penelitian ini adalah buku teks Kemendikbud matematika SMP kelas VII kurikulum 2013 revisi 2016 pada pokok bahasan segiempat dan segitiga. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi berupa lembar analisis akurasi materi. Penelitian ini menunjukkan bahwa analisis akurasi materi ditinjau dari aspek konten memiliki persentase ketidakakuratan sebesar 12,5% dan persentase akurat sebesar 87,5%. Analisis materi ditinjau dari aspek bahasa memiliki persentase ketidakakuratan sebesar 62,5% dan persentase akurat sebesar 37,5%. Analisis materi ditinjau dari aspek gambar memiliki persentase ketidakakuratan sebesar 62,5% dan persentase akurat sebesar 37,5%.

Keywords

Analisis Akurasi Buku Teks

Article Details

How to Cite
Agustinsa, R., Anggraini, D., & Susanta, A. (2021). ANALISIS AKURASI MATERI BUKU KEMENDIKBUD MATEMATIKA SMP KELAS VII PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT DAN SEGITIGA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(2), 253–266. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.2.253-266

References

  1. Hamzah, Ali & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta : Rajawali Pers
  2. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 2. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud
  3. Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
  4. Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish.
  5. Soyomukti, N. (2015). Teori-Teori Pendidikan Dari Tradisional, (Neo) Liberal, Marxis-Sosialis, Hingga Postmodern. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  6. Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana
  7. Suherman, E. T. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
  8. Sutopo, H.B. (2006). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
  9. Winarno. (2013). Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang (UM Press)
  10. Yusuf, W. F. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (SD). Al-Murabbi. 9(2): 263-277