Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis akurasi materi buku teks Kemendikbud matematika SMP kelas VII kurikulum 2013 revisi 2016 pada pokok bahasan segiempat dan segitiga. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kualitatif (Descriptive Qualitative Research). Objek dalam penelitian ini adalah buku teks Kemendikbud matematika SMP kelas VII kurikulum 2013 revisi 2016 pada pokok bahasan segiempat dan segitiga. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi berupa lembar analisis akurasi materi. Penelitian ini menunjukkan bahwa analisis akurasi materi ditinjau dari aspek konten memiliki persentase ketidakakuratan sebesar 12,5% dan persentase akurat sebesar 87,5%. Analisis materi ditinjau dari aspek bahasa memiliki persentase ketidakakuratan sebesar 62,5% dan persentase akurat sebesar 37,5%. Analisis materi ditinjau dari aspek gambar memiliki persentase ketidakakuratan sebesar 62,5% dan persentase akurat sebesar 37,5%.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2021 Dewita Anggraini, Agus Susanta, Ringki Agustinsa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Hamzah, Ali & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta : Rajawali Pers
- Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 2. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud
- Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
- Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish.
- Soyomukti, N. (2015). Teori-Teori Pendidikan Dari Tradisional, (Neo) Liberal, Marxis-Sosialis, Hingga Postmodern. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana
- Suherman, E. T. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
- Sutopo, H.B. (2006). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
- Winarno. (2013). Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang (UM Press)
- Yusuf, W. F. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (SD). Al-Murabbi. 9(2): 263-277
References
Hamzah, Ali & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta : Rajawali Pers
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 2. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud
Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Satrianawati. (2018). Media dan Sumber Belajar. Yogyakarta: Deepublish.
Soyomukti, N. (2015). Teori-Teori Pendidikan Dari Tradisional, (Neo) Liberal, Marxis-Sosialis, Hingga Postmodern. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana
Suherman, E. T. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sutopo, H.B. (2006). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret
Winarno. (2013). Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang (UM Press)
Yusuf, W. F. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (SD). Al-Murabbi. 9(2): 263-277