Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Kosami Bermuatan Pendidikan Karakter Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMPN 10 Sungai Kakap yang valid dan praktis. Model Pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall dengan 7 langkah yaitu, (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain (6) Uji Coba Produk (7) Revisi Produk. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMPN 10 Sungai Kakap. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpul data lembar validasi ahli media, ahli materi, angket respon siswa dan respon guru. Ahli validasi terdiri dari 3 dosen program studi pendidikan matematika IKIP PGRI Pontianak dan respondent terdiri guru mata pelajaran matematika dan siswa SMPN 10 Sungai Kakap. Berdasarkan hasil validasi para ahli diperoleh aspek materi yang dinyatakan valid dengan persentase sebesar 84,7%, sedangkan aspek media dinyatakan sangat valid dengan hasil persentase sebesar 91,67%. Hasil angket respon guru memperoleh hasil sebesar 91,11% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Kosami bermuatan pendidikan karakter layak untuk digunakan.
Keywords
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Ambaryani, dan Airlanda, G.S. 2017. Pengemabangan Media Komik Untuk Efektivitas dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perubahan Lingkungan Fisik. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 3(1).
- Darma, Y., dkk. 2018. Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal SAP, 3(2).
- Hanafia dan Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Refika Aditama.
- Hizair.2013 .Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta : Tamer.
- Saputro, Dwi Anip. 2015. Aplikasi Komik Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan. 5 (1).
- Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
- Susanti, E.S., dkk. 2019. Pengembangan Media Kosami (komik saku matematika) Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan. Jurnal (META), 1(1)
- Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
References
Ambaryani, dan Airlanda, G.S. 2017. Pengemabangan Media Komik Untuk Efektivitas dan Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Materi Perubahan Lingkungan Fisik. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 3(1).
Darma, Y., dkk. 2018. Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal SAP, 3(2).
Hanafia dan Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Refika Aditama.
Hizair.2013 .Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta : Tamer.
Saputro, Dwi Anip. 2015. Aplikasi Komik Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan. 5 (1).
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanti, E.S., dkk. 2019. Pengembangan Media Kosami (komik saku matematika) Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan. Jurnal (META), 1(1)
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group