Main Article Content

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan buku teks matematika SMP/MTs kelas VIII kurikulum 2013 terbitan Platinum pokok bahasan lingkaran dengan standar yang ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) pada aspek materi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif Kualitatif (Descriptive Qualitative Research). Subjek dalam penelitian ini adalah buku matematika yang berjudul “Berlogika dengan Matematika untuk SMP/MTs Kelas VIII Semester 2” karangan M. Umi Salamah terbitan Platinum. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini, yaitu instrumen penilaian buku teks yang bersumber dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) ditinjau dari aspek materi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan  buku  teks  matematika  ditinjau  dari  aspek  materi  dikategorikan  sangat  layak  dengan  persentase sebesar 93,75% berdasarkan rata-rata persentase dari ketiga indikatornya, yaitu kesesuaian uraian materi dengan KI dan KD yang memperoleh persentase sebesar 100% yang dikategorikan sangat layak, keakuratan materi yang memperoleh persentase sebesar 100% yang dikategorikan sangat layak, dan materi pendukung pembelajaran yang memperoleh persentase sebesar 81,25% yang dikategorikan sangat layak.

ABSTRACT

This  study  aims  to  find  out  the  feasibility  of  mathematics  textbook  8th   grade  Junior  High  School  2013 Curriculum published by Platinum subject Issues Circle with the fixed standard by Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) to material aspect. This study employed The Descriptive Qualitative Research. The Subject of this study was Mathematics Textbook entitled“Berlogika dengan Matematika untuk SMP/MTs Kelas VIII Semester 2” written by M. Umi Salamah and published by Platinum. The Instrument that used in this study was Textbook Assessment instrument from Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) with aspects of material reviewed. The technique analysis used Data Analysis and Descriptive Qualitative. This study showed that the feasibility of Mathematics textbook in terms of the material aspect was 90,63% categorized as very appropriate based on the average of material aspect, that were the appropriateness of the material in KI and KD was 100% categorized as very appropriate, the accuracy of material was 100% categorized as very appropriate, and supported material was 81,25% categorized as very appropriate.

 

Keywords : Analysis, Textbook, Feasibility

Keywords

Analisis Buku Teks Kelayakan

Article Details

How to Cite
Kurniawan, A. T. Y., Agustinsa, R., & Yensy, N. A. (2021). Analisi Kelayakan Buku Teks Matematika SMP/MTS Kelas VIII Kurikulum 2013 Terbitan Platinum Pokok Bahasan Lingkaran. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(2), 308–319. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.2.308-319

References

  1. Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai –nilai Pendidik Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. 1(2): 71-90.
  2. BSNP. (2011). Instrumen Penilaian Buku Teks Matematika. Jakarta: BSNP.
  3. Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. 17(1): 66-79.
  4. Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara. Jatmika, H. M. (2014). Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Penjasorkes Kelas X SMA di Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. 10(2): 62-67. Mulyasa, H. E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rodakarya.
  5. Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
  6. Mutiara, P., Hanifah, & Mayzora, S. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Siswa SMP Dengan Model Pembelajaran Auditory Intelectualy Repetition dan Model Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 4(1): 306-314.
  7. Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. 3(2): 333-352.
  8. Pramesti, S. L. (2017). Analisis Materi dan Penyajian Buku Teks Matematika sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 5(1): 25-32.
  9. Rahmawati, G. (2015). Buku Teks Pelajaran sebagai Sumber Belajar Siswa di Perpustakaan Sekolah di SMAN 3 Bandung. Journal Of Library and Information Science. 5(1): 102-113. Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.
  10. Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Univ. Sebelas Maret.
  11. Winarno, M. E. (2013). Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: UM Press.
  12. Yusuf, W. F. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (SD). Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam.