Main Article Content

Abstract

Kelengkapan materi dalam buku teks merupakan salah satu aspek penilaian yang telah ditetapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan. Buku teks merupakan hal yang penting dalam suatu kegiatan pembelajaran yang akan dijadikan suatu acuan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan.  Pada kenyataannya, buku teks yang sering ditemukan sekarang masih belum jelas akan keseuaiannya dari Badan Standar Nasional Pendidikan. Sedangkan kriteria buku teks yang baik yaitu berisi materi yang lengkap sesuai dengan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) yang terdapat dalam silabus pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelengkapan buku teks matematika kelas VII Semester 2 Terbitan Erlangga Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 pada pokok bahasan Segiempat dan Segitiga ditinjau dari Standar BSNP. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif (Descriptive Qualitative Research). Subjek dalam penelitian ini adalah Buku Matematika Kelas VII Terbitan Erlangga Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 yang ditinjau dari aspek kelengkapan materi. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar penilaian kelengkapan materi buku teks dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yang berpedoman pada Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). Penelitian ini menunjukan bahwa kelengkapan materi buku teks matematika pada pokok bahasan segiempat dan segitiga dikategorikan sangat lengkap dengan persentase sebesar 88,75%

Keywords

Analisis Buku Teks BSNP Kelengkapan Materi

Article Details

How to Cite
Angelina, W., Irsal, N. A., Siagian, T. A., & Lestary, R. (2022). Analisis Kelengkapan Materi Buku Teks Matematika SMP Kelas VII Kurikulum 2013 Terbitan Erlangga Revisi 2016 pada Pokok Bahasan Segiempat dan Segitiga. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(2), 167–176. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.2.167-176

References

  1. Adinawan, M. Cholik. 2017. Matematika untuk SMP/MTS Kelas VII. Jakarta: Erlangga.
  2. Aqib, Z., Diniati, E., Jaiyaroh, S., & Khotimah, K. 2013. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLTB, dan TK. Bandung: Yrama Widya.
  3. Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Permendiknas nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi sekolah dasar. Jakarta: Depdiknas.
  4. Firdaus, Aziz, Siti Samhati, dan Edi Suyanto. 2014. Analisis Kelayakan Isi Buku Teks Bahasa Indonesia Terbitan Erlangga Kelas VII SMP/MTs. FKIP: Universitas Lampung.
  5. Muslich, Masnur. 2010. Textbook Writing, Dasar-dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
  6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia No. 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 SMP/MTs.
  7. Setiawan Adi, Tri Jalmo, Arwin Surbakti. 2018. Analisis Kesesuaian Materi Ruang LIngkup Biologi Pada Buku Teks SMA Kelas X. FKIP: Universitas lampung.
  8. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. [Online]. Tersedia di: http://pendis.kemenag.go.id/file/dokumen/uuno20th2003ttgsisdiknas.pdf