Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model team based project berbantuan aplikasi geogebra dan youtube pada matakuliah konstruksi geometri terhadap hasil belajar mahasiswa. Jenis penelitian yang dilakukan pada penelitian ini yaitu penelitian pre-eksperimental (poor eksperimental research) dengan desain the one-shot case study design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu dengan sampel satu kelas yaitu mahasiswa yang mengambil mata kuliah konstruksi geometri pada tahun 2021 berjumlah 34 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah one sample t-test. Hasil dari pengujian hipotesis diperoleh nilai sig =0,001 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model team based project berbantuan aplikasi geogebra dan youtube pada matakuliah konstruksi geometri terhadap hasil belajar mahasiswa.

Keywords

Team based project Geogebra Youtube Konstruksi Geometri

Article Details

How to Cite
Utari, T., & Stiadi, E. (2022). PENGARUH MODEL TEAM BASED PROJECT BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA DAN YOUTUBE PADA MATAKULIAH KONSTRUKSI GEOMETRI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(1), 128–135. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.1.128-135

References

  1. Asyura, I., & Dewi, R. (2020). Analisis Kemampuan Matematis Mahasiswa PGSD Terhadap Penggunaan Geogebra Classroom di Era dan Pasca Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 976-989.
  2. Bina, N. S. (2021). Pengaruh Platform Pembelajaran Daring Youtube Terhadap Kemampuan Matematis Di Masa Pandemik Covid-19. Laplace: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 32-39.
  3. Harahap, M. S., & Nasution, S. R. A. (2019). Penerapan Flipped Classrom Berbasis Youtube Di Prodi Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. Jurnal Education and Development, 7(3), 1-1.
  4. Hidayat, D., Wiharna, O., & Yayat, Y. Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Garis dan Konstruksi Geometris. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(2), 163-168.
  5. Kepmendikbud No. 3/M/2021 tentang Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  6. Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika.Bandung: Refika Aditama.
  7. Lubis, A. R., Khoirunisak, A., Oraple, G., Sukoriyanto, S., & Pusawidjayanti, K. (2022, July). Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Kostruksi Dasar Geometri. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya (SNMP),1, 202-211.
  8. Mahmudi, Ali. (2011). Pemanfaatan GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika. Tesedia: https://www.academia.edu/2137476/Pemanfaatan_GeoGebra_dalam_Pembelajaran _Matematika. [23 Maret 2014].Maulidiya, D., Susanta, A., & Irsal, N. A. (2018). Model Investigasi Berbantuan Geogebra pada Geometri Bidang. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 1(1), 15-21.
  9. Noviyana, H. (2017). Pengaruh model team based project terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. JURNAL e-DuMath, 3(2)
  10. Kemendikbud. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 3 tahun 2020
  11. Septian, A. (2017). Penerapan geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa program studi pendidikan matematika universitas suryakancana. Prisma, 6(2), 180-191.
  12. Septian, A., & Prabawanto, S. (2020). Mathematical representation ability through geogebra-assisted project-based learning models. In Journal of Physics: Conference Series . 1657(1), p. 012019. IOP Publishing.
  13. Warren, C. J., Sawhney, R., Shah, T., Behbahani, S., & Sadeghi-Nejad, H. (2021). Youtube and Men’s Health: A Review of the Current Literature. Sexual Medicine Reviews, February. https://doi.org/10.1016/j.sxmr.2020.09.002