Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kognitif soal berdasarkan Taksonomi Bloom revisi dan kualitas soal Penilaian Akhir Semester (PAS) ganjil kelas VII SMP IT Darul Fikri Arga Makmur tahun ajaran 2020/2021 yang ditinjau dari validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda serta. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini  adalah seluruh lembar jawaban PAS matematika peserta didik kelas VII SMP IT Darul Fikri Arga Makmur tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 109 lembar jawaban dalam bentuk elektronik di google form. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ditinjau dari tingkat kognitif soal berdasarkan Taksonomi Bloom revisi terdapat 5 soal (14,29%) dengan kategori tingkat kognitif C1 “Mengingat”, 10 soal (28,57%) dengan kategori tingkat kognitif C2 “Memahami”, 20 soal (57,14%) dengan kategori tingkat kognitif C3 “Mengaplikasikan”, dan tidak terdapat soal (0%) dengan kategori tingkat kognitif C4 “Menganalisis”, C5 “Mengevaluasi”, dan C6 “Mencipta”. (2) Ditinjau dari validitas terdapat 33 soal (94,29%) yang dinyatakan valid dan butir soal yang tidak valid berjumlah 2 soal (5,71%). (3) Ditinjau dari reliabilitas, soal memiliki reliabilitas yang tinggi atau reliabel dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,86. (4) Ditinjau dari tingkat kesukaran terdapat 2 soal (5,72%) yang termasuk kategori sukar, 24 soal (68,57%) termasuk kategori sedang, dan 9 soal (25,71%) termasuk kategori mudah. (5) Ditinjau dari daya beda terdapat 3 soal (8,57%) dengan daya beda jelek, 10 soal (28,57%) dengan daya beda cukup, 18 soal (51,43%) dengan daya beda baik, dan 4 soal (11,43%) dengan daya beda sangat baik.

Keywords

Kualitas Soal Soal PAS Taksonomi Bloom Revisi Tingkat Kognitif Soal

Article Details

Author Biography

Lilia Gina Febrila, S1 Pendidikan Matematika Universitas Bengkulu

I'm a student from Departmenet of Mathematic education, Faculty of Teacher Trainin and Education, University of Bengkulu.
How to Cite
Febrila, L. G., Yensy B, N. A., & Susanta, A. (2021). ANALISIS TINGKAT KOGNITIF DAN KUALITAS SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL KELAS VII SMP IT DARUL FIKRI ARGA MAKMUR TAHUN AJARAN 2020/2021. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(2), 281–295. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.2.281-295

References

  1. A’yun, N. Q., & Sutrisno. (2017). Kesesuaian Tingkat Berpikir Soal Ujian Dengan Tujuan Pembelajaran Pada Keahlian Teknik Gambar Bangunan Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Bangunan, 22(2), 67–74.
  2. Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. (A. Prihantoro, Terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  3. Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
  4. Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (2nd ed.). Jakarta: Bumi Aksara.
  5. Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  6. Djaali. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
  7. Hamzah, A., & Muhlisrarini. (2016). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  8. Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
  9. Kurniasi, E. R., Y, Y., & Karennisa, F. (2020). Analisis Soal Ulangan Harian Matematika Kelas IX SMP Negeri 1 Toboali. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 12(1), 43–52. https://doi.org/10.37640/jip.v12i1.276
  10. Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
  11. OECD. (2019). PISA 2018 Mathematics Framework. Paris : OECD Publishing.
  12. Permendikbud Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah, 1 (2014).
  13. Sudjana, N. (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
  14. Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
  15. Sukmadinata, N. S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
  16. Supardi. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta : Change Publication.
  17. Suzana, A. (2017). Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Beda Butir-Butir Soal Penilaian Akhir Tahun Matematika Kelas X di SMA Negeri 1 Purbalingga Penilaian pengetahuan ( KI-3 ) berdasarkan kurikulum 2013 dilakukan dengan. MathGram Matematika, 2(2), 1–8.