Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pada sebaran soal Penilaian Akhir Semester ganjil mata pelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu tahun ajaran 2020/2021. Indikator kualitas meliputi hasil uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan efektivitas pengecoh. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah soal matematika Penilaian Akhir Semester ganjil kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 20 soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini berdasarkan kualitas menunjukkan bahwa terdapat 14 soal (70%) yang valid dan 6 soal (30%) yang tidak valid. Untuk reliabilitas diperoleh nilai yang sangat tinggi, yaitu sebesar 0,892. Untuk tingkat kesukaran diperoleh bahwa soal tersebut yang termasuk kategori sukar sebanyak 3 soal (15%) dan untuk kategori sedang sebanyak 17 soal (85%). Untuk daya beda diperoleh bahwa soal tersebut yang termasuk dalam kategori sangat baik sebanyak 10 soal (50%), dalam kategori baik sebanyak 5 soal (25%), dan dalam kategori jelek sebanyak 5 soal (25%). Untuk efektivitas pengecoh diperoleh bahwa terdapat 2 buah (2,5%) pilihan jawaban soal yang tidak berfungsi dan terdapat 78 buah (97,5%) pilihan jawaban soal yang berfungsi. Kesimpulan hasil penelitian yaitu kualitas soal matematika Penilaian Akhir Semester ganjil kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu termasuk kategori yang baik dilihat dari indikator kualitasnya.

Keywords

Analisis Kelas VIII Kualitas Soal Matematika Soal Penilaian Akhir Semester Ganjil

Article Details

How to Cite
Anwar, A. R. M., Siagian, T. A., & Yensy B, N. A. (2021). ANALISIS KUALITAS SOAL MATEMATIKA PENILAIAN AKHIR SEMESTER GANJIL KELAS VIII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 5(2), 267–280. https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.2.267-280

References

  1. Abdurrahman, M. (2012). Buku Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
  2. Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran (P. Latifah (ed.); Ketujuh). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  3. Asrul, Ananda, R., & Rosinta. (2014). Evaluasi Pembajalaran. Bandung: In Ciptapustaka Media.
  4. Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Buku Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
  5. Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika (B. S. Fatmawati (ed.)). Jakarta: Bumi Aksara.
  6. Janna, N. M., & Herianto. (2021). Konsep Uji Validitas dan Reliabilitas dengan Menggunakan SPSS. 1–12.
  7. Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif (F. Husaini (ed.)). Jakarta: Quadrant.
  8. Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014. Sereal Untuk, 51(1), 51.
  9. Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.)). Bandung : PT Refika Aditama.
  10. Ratnawulan, E., & Rusdiana, A. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
  11. Sudijono, A. (2013). Buku Pengantar Evaluasi Pendidikan Sudijono (Ketiga bel). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
  12. Sudjana, N. (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (T. Surjaman (ed.); Keduapuluh). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  13. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Sutopo (ed.)). Bandung: Alfabeta.
  14. Thobroni, M. (2017). Belajar & Pembelajaran Teori Dan Praktik (M. Sandra (ed.)). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  15. Undang-Undang. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Acta Pædiatrica, 1–38. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x