Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pada sebaran soal Penilaian Akhir Semester ganjil mata pelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu tahun ajaran 2020/2021. Indikator kualitas meliputi hasil uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan efektivitas pengecoh. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah soal matematika Penilaian Akhir Semester ganjil kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 20 soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini berdasarkan kualitas menunjukkan bahwa terdapat 14 soal (70%) yang valid dan 6 soal (30%) yang tidak valid. Untuk reliabilitas diperoleh nilai yang sangat tinggi, yaitu sebesar 0,892. Untuk tingkat kesukaran diperoleh bahwa soal tersebut yang termasuk kategori sukar sebanyak 3 soal (15%) dan untuk kategori sedang sebanyak 17 soal (85%). Untuk daya beda diperoleh bahwa soal tersebut yang termasuk dalam kategori sangat baik sebanyak 10 soal (50%), dalam kategori baik sebanyak 5 soal (25%), dan dalam kategori jelek sebanyak 5 soal (25%). Untuk efektivitas pengecoh diperoleh bahwa terdapat 2 buah (2,5%) pilihan jawaban soal yang tidak berfungsi dan terdapat 78 buah (97,5%) pilihan jawaban soal yang berfungsi. Kesimpulan hasil penelitian yaitu kualitas soal matematika Penilaian Akhir Semester ganjil kelas VIII SMP Negeri 11 Kota Bengkulu termasuk kategori yang baik dilihat dari indikator kualitasnya.
Keywords
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abdurrahman, M. (2012). Buku Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
- Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran (P. Latifah (ed.); Ketujuh). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Asrul, Ananda, R., & Rosinta. (2014). Evaluasi Pembajalaran. Bandung: In Ciptapustaka Media.
- Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Buku Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
- Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika (B. S. Fatmawati (ed.)). Jakarta: Bumi Aksara.
- Janna, N. M., & Herianto. (2021). Konsep Uji Validitas dan Reliabilitas dengan Menggunakan SPSS. 1–12.
- Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif (F. Husaini (ed.)). Jakarta: Quadrant.
- Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014. Sereal Untuk, 51(1), 51.
- Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.)). Bandung : PT Refika Aditama.
- Ratnawulan, E., & Rusdiana, A. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
- Sudijono, A. (2013). Buku Pengantar Evaluasi Pendidikan Sudijono (Ketiga bel). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
- Sudjana, N. (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (T. Surjaman (ed.); Keduapuluh). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Sutopo (ed.)). Bandung: Alfabeta.
- Thobroni, M. (2017). Belajar & Pembelajaran Teori Dan Praktik (M. Sandra (ed.)). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- Undang-Undang. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Acta Pædiatrica, 1–38. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x
References
Abdurrahman, M. (2012). Buku Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran (P. Latifah (ed.); Ketujuh). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Asrul, Ananda, R., & Rosinta. (2014). Evaluasi Pembajalaran. Bandung: In Ciptapustaka Media.
Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Buku Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika (B. S. Fatmawati (ed.)). Jakarta: Bumi Aksara.
Janna, N. M., & Herianto. (2021). Konsep Uji Validitas dan Reliabilitas dengan Menggunakan SPSS. 1–12.
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif (F. Husaini (ed.)). Jakarta: Quadrant.
Kemendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014. Sereal Untuk, 51(1), 51.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.)). Bandung : PT Refika Aditama.
Ratnawulan, E., & Rusdiana, A. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Sudijono, A. (2013). Buku Pengantar Evaluasi Pendidikan Sudijono (Ketiga bel). Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sudjana, N. (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar (T. Surjaman (ed.); Keduapuluh). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D (Sutopo (ed.)). Bandung: Alfabeta.
Thobroni, M. (2017). Belajar & Pembelajaran Teori Dan Praktik (M. Sandra (ed.)). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Undang-Undang. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Acta Pædiatrica, 1–38. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x