Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebaran tingkat kognitif pada soal uji kompetensi dalam buku teks matematika terbitan Erlangga kelas VIII semester 1 bab relasi dan fungsi serta sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan taksonomi bloom revisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yaitu dilakukan analisis untuk menggambarkan atau mendeskripsikan tingkatan taksonomi bloom pada dimensi proses kognitif soal mata pelajaran matematika. Sumber data dalam penelitian ini adalah soal uji kompetensi dalam buku matematika kelas VIII semester 1 kurikulum 2013 terbitan Erlangga karya M. Cholik Adinawan pada bab relasi dan fungsi dan sistem persamaan linear dua variabel. Soal uji kompetensi bab relasi dan fungsi berjumlah 33 soal dan soal uji kompetensi bab sistem persamaan linear dua variabel berjumlah 30 soal. Pada soal uji kompetensi bab relasi dan fungsi memiliki tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 12 soal (36,36%), mengaplikasikan (C3) sebanyak 15 soal (45,46%), dan menganalisis (C4) sebanyak 6 soal (18,18%), dan tidak memuat tingkat kognitif mengingat (C1), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Sedangkan, soal uji kompetensi bab sistem persamaan linear dua variabel memiliki tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 1 soal (3,33%), mengaplikasikan (C3) sebanyak 22 soal (73,33%), menganalisis (C4) sebanyak 5 soal (16,67%), dan mengevaluasi (C5) sebanyak 2 soal (6,67%), dan tidak memuat tingkat kognitif mengingat (C1), dan mencipta (C6). 

Kata kunci: Buku Teks Matematika, Soal Uji Kompetensi, Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif

Keywords

Buku Teks Matematika Soal Uji Kompetensi Taksonomi Bloom Tingkat Kognitif

Article Details

How to Cite
Verina, I., Hanifah, H., Irsal, N. A., & Stiadi, E. (2022). Analisis Tingkat Kognitif Soal Uji Kompetensi Buku Teks Matematika Terbitan Erlangga Kelas VIII Semester 1 Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(2), 177–190. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.2.177-190

References

  1. Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  2. Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Kemendikbud.
  3. Gradini, E. (2019). Menilik Konsep Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Numeracy, 6(2), 189–203. https://doi.org/10.46244/numeracy.v6i2.475
  4. Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Remaja Rosdakarya.
  5. Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang KI dan KD Pelajaran Pada Kurikulum 2013 SMP/MTs
  6. Sugiyono. (2019a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualiitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  7. Sugiyono. (2019b). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.