Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebaran tingkat kognitif soal uji kompetensi limit fungsi trigonometri pada buku siswa matematika 3 terbitan Grafindo Media Pratama berdasarkan taksonomi Bloom Revisi. Taksonomi Bloom Revisi yang digunakan hanya pada dimensi proses kognitif yang terdiri dari C1 (Mengingat), C2 (Memahami), C3 (Mengaplikasikan), C4 (Menganalisis), C5 (Mengevaluasi), dan C6 (Mencipta). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah soal-soal uji kompetensi kecuali soal uji kompetensi awal, dalam bentuk uraian dan pilihan ganda pada buku siswa terbitan Grafindo Media Pratama untuk kelas XII matematika peminatan edisi revisi 2016, dengan pokok bahasan limit fungsi trigonometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal uraian uji kompetensi limit fungsi trigonometri memuat tingkat kognitif C2 (Memahami) dengan persentase 6,33% (5 soal), tingkat kognitif C3 (Mengaplikasikan) dengan persentase 63,29% (50 soal); soal pilihan ganda memuat tingkat kognitif C2 (Memahami) dengan persentase 6,33% (5 soal), tingkat kognitif C3 (Mengaplikasikan) dengan persentase 24,05% (19 soal); dan tidak terdapat tingkat kognitif C1, C4, C5, dan C6 pada soal uraian maupun pilihan ganda.

Keywords

Buku Teks Matematika Soal Uji Kompetensi Taksonomi Bloom Revisi Tingkat Kognitif

Article Details

How to Cite
Sawitri, D., Hanifah, H., & Yensy B, N. A. (2022). Analisis Tingkat Kognitif Soal Uji Kompetensi Limit Fungsi Trigonometri pada Buku Siswa Matematika 3 Terbitan Grafindo Media Pratama Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(2), 191–203. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.2.191-203

References

  1. Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  2. Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  3. Depdikbud. (2013). Peraturan Pemerintah Nomor 32 tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdikbud.
  4. Kadir. (2016). Statistika Terapan: Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/ Lisrel dalam Penelitian (Edisi Kedua). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  5. NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Reston: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
  6. Pepin, B., & Haggaraty, L. (2001). Mathematics Textbooks and Their Use in English, French and German Classroom: A Way to Understand Teaching and Learning Cultures. ZDM: The International Journal on Mathematics Education, 33(5), 158–175. DOI: 10.1007/BF02656616.
  7. Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press. Puspendik. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional: Persentase Siswa yang Menjawab Benar Tahun Pelajaran 2018/ 2019 (Mata Ujian Matematika SMA/ MA Kota Bengkulu). https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/. (Diakses pada 25 Maret 2021).
  8. Reys, B. J., Reys, R. E., & Chavez, O. (2004). Why Mathematics Textbooks Matter. Educational Leadership, 61(5), 61–66.
  9. Robiah, S. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Kelas XII dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Limit Fungsi. Jurnal Equation Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(1), 65–75. DOI: /10.29300/equation.v3i1.2655
  10. Salido, A., Misu, L., & Salam, M. (2014). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaiakan Soal-Soal Matematika Materi Pokok Limit Fungsi Pada Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 1–13. DOI: 10.36709/jppm.v2i1.3072.
  11. Salkind, N. J. (2021). Pandangan Kognitif Developmental dalam Perkembangan Manusia. Bandung: Nusamedia.
  12. Samo, D. D. (2017). Pre-Service Mathematics Teacher’s Conception of Higher-Order Thinking Level in Bloom’s Taxonomy. Infinity Journal of Mathematics Education Journal of Mathematics Education, 6(2), 121–136. DOI: 10.22460/infinity.v6i2.p121-136.
  13. Sudjana, N. (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  14. Suharman, A., & Ramadhona, R. (2020). Analisis Soal-Soal Uji Kompetensi pada Buku Teks Matematika SMA Kelas XI Peminatan Semester 1 Berdasarkan Tingkat Kognitif Taksonomi Bloom. Tanjak: Journal of Education and Teaching, 1(1), 45–50. DOI: 10.35961/tanjak.v1i1.81.
  15. Susanti, N. Y., Trapsilasiwi, D., & Kurniati, D. (2015). Analisis Tingkat Kognitif Uji Kompetensi pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika SMP/MTS Kelas VII Kurikulum 2013 Berdasarkan Taksonomi Bloom. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 65–73. DOI: 10.15294/kreano.v6i1.4509.
  16. Syarifah, L. L., Yenni, & Dewi, W. K. (2020). Analisis Soal-Soal pada Buku Ajar Matematika Siswa Kelas XI Ditinjau dari Aspek Kognitif. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1259–1272.