Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metakognisi siswa kelas XI SMA Hasyim Asy’ari 1 Pucuk dalam memecahkan masalah Barisan dan Deret Bilangan pada siswa kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan secara daring menggunakan media sosial whatsapp. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan didukung tes tulis dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah enam siswa yang terdiri dari dua siswa dengan kemampuan tinggi, dua siswa dengan kemampuan sedang dan dua siswa dengan kemampuan rendah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan tinggi mempunyai pengetahuan deklaratif, pengetahuan prosedural dan pengetahuan kondisional dengan baik. Siswa dengan kemampuan tinggi juga mampu menggunakan keterampilan perencanaan, keterampilan monitoring dan keterampilan evaluasi yang baik. siswa dengan kemampuan sedang mempunyai pengetahuan deklaratif, pengetahuan prosedural yang baik dan pengetahuan kondisional yang cukup baik. Siswa dengan kemampuan sedang juga mampu menggunakan keterampilan perencanaan, keterampilan monitoring dengan baik dan tidak mempunya keterampilan evaluasi. Siswa dengan kemampuan rendah hanya mempunyai pengetahuan deklaratif. Siswa dengan kemampuan rendah juga hanya menggunakan keterampilan perencanaan.

Keywords

kemampuan matematis metakognisi pemecahan masalah

Article Details

Author Biography

Abdur Rohim, Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan, Jawa Timur

abdur rohimGoogle Scholar Profile
How to Cite
Maulana, H., Rohim, A., & Haryono, H. E. (2022). Analisis Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Barisan Dan Deret Bilangan Ditinjau Dari Kemampuan Matematis. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(2), 204–211. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.2.204-211

References

  1. Alfiyah, Nur dan Tatag Yuli Eko Siswono. Identifikasi Kesulitan Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Mathedunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. vol. 3(2), pp.131–138.
  2. Arifin, Zaenal. (2009). Membangun Kompetensi Pedagogis Guru Matematika, Landasan Filosofi, Histori, dan Psikologi. Surabaya. Lentera Cendikia.
  3. Arnenda, Tezar. (2020). Matematika Untuk SMA/MA Kelas XI Semester 2. Surakarta. Putra Nugraha.
  4. Asmana, Arezqi Tunggal. Profil Komunikasi Matematika Tertulis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Di SMP Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. INSPIRAMATIKA. Vol. 4(1), pp.1-12.
  5. Chairani, Zahra. (2016). Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Yogyakarta: Deepublish.
  6. Elita, Geni Sri, dkk. Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Metakognisi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. vol. 8(3), pp.447-458.
  7. Fitria, Lia, dkk. Analisis Hubungan Antara Kesadaran Metakognisi Dengan Hasil Belajar Matematika Dan IPA Siswa SMA Di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran. Vol. 6(1). pp.147- 155.
  8. Hidayati, Destia Wahyu. Diagnosa Kesulitan Metacognitive Awarenes Terhadap Proses Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. Vol. 1(2). pp.206–217.
  9. Khoiriyah, Siti. (2011). Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika di Kelas VIII MTs Ma’arif NU Ngaban Tanggulangin. Skripsi. Surabaya: Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel.
  10. Mawadda, NE, dkk. Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Pendekatan Metakognisi Untuk Meningkatkan Metakognisi Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Unnes Journal of Mathematics Education Research. Vol. 4(1). pp.10–17.
  11. Novita, Tanti, dkk. Metakognisi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA Dalam Pembelajaran Matematika Berorientasi Rejang Rebong. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. Vol. 3(1). pp.41–54.
  12. Nugraha, Azi. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Metakognitif Berbasis Humanistik Untuk Menumbuhkan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Himpunan Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika.Vol. 1(1). pp.1-17.
  13. Rahmawati, Seila Cahyani, dkk. Indentifikasi Pengetahuan Metakognisi Siswa Kelas XI MIA SMAN 2 Kota Jambi Berdasarkan Gaya Belajar Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.1(1). pp.88-99.
  14. Sutini. Kemampuan Metakogntif Dan Komunikasi Matematis Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Review Pembelajaran Matematika. vol. 4 (1), pp.32–47.
  15. Syafri, Fatrima Santri. Kemampuan Representasi Matematis dan Kemampuan Pembuktian Matematika. Jurnal Edumath. Vol. 1(3). pp.49-55.
  16. Waskitoningsih, Rahayu Sri. Pembelajaran Matematika Dengan Kemampuan Metakognisi Berbasis Pemecahan Masalah Kontekstual Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Balikpapan. Math Dicdactic: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 1(3). pp.211–219.
  17. Widadah, Soffil, dkk. Profil Metakognisi Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. Vol. 1(1). pp.13-24.