Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektifitas dari Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Materi Garis dan Sudut yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi prosedur ADDIE. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap yaitu: terdiri tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (development) . Pada tahap pengembangan dilakukan uji efektifitas. Uji efektifitas Media pembelajaran dilakukan pada kelas VII F SMP IT IQRA’ Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2016/2017 berjumlah 31 siswa. Instrumen penelitian ini adalah lembar efektifitas media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat efektifitas media pembelajaran berbasis multimedia interaktif model tutorial pada pokok bahasan garis dan sudut di kelas VII SMP/MTs termasuk dalam kategori sangat efektif dari aspek aktivitas siswa dan guru, respon siswa, dan tes hasil belajar siswa dengan skor 4,23.
Kata Kunci : Efektifitas, Media Pembelajaran, tutorial model, Multimedia Interaktif, Garis dan Sudut.
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Ariani, Niken & Haryanto, Dani. (2010). Pembelajaran Multimedia Di Sekolah Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif dan Prospektif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
- Daryanto . (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.
- Hasyim.(2008). Buku Pintar Komputer . Kriya Pustaka
- Hernawan, Asep Herry & dkk.(2008). Pengembangan Kurkulum dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.
- Purnama, Bambang Eka.(2013). Konsep Dasar Multimedia. Yogyakarta : Graha Ilmu.
- Rusman.(2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung : Alfabeta Bandung.
- Susi & Riyana.(2009). Media Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima .
- Tegeh, Jampel & Pudjawan.(2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu
References
Ariani, Niken & Haryanto, Dani. (2010). Pembelajaran Multimedia Di Sekolah Pedoman Pembelajaran Inspiratif, Konstruktif dan Prospektif. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Daryanto . (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta : Gava Media.
Hasyim.(2008). Buku Pintar Komputer . Kriya Pustaka
Hernawan, Asep Herry & dkk.(2008). Pengembangan Kurkulum dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.
Purnama, Bambang Eka.(2013). Konsep Dasar Multimedia. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Rusman.(2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung : Alfabeta Bandung.
Susi & Riyana.(2009). Media Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima .
Tegeh, Jampel & Pudjawan.(2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu