Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Discovery Learning pada Materi Garis dan Sudut di Kelas VII SMP N 11 Kota Bengkulu yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menerapkan 4 tahapan model pengembangan 4D, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Instrument penelitian terdiri dari lembar validitas, lembar kepraktisan dan soal tes Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Validasi LKPD dilakukan oleh tiga orang validator. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan LKPD berbasis Discovery Learning  termasuk dalam kategori : (1) valid berdasarkan 37 aspek penilaian yang terdiri dari 10 aspek penilaian materi, 19 aspek penilaian kontruksi dan 8 aspek penilaian bahasa dengan rata-rata skor 0,79 berada pada kategori baik. (2) Sangat praktis dari 15 aspek penilaian dengan rata-rata skor 4,3 berada pada kategori sangat baik. (3) Efektif dari hasil ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal yaitu minimal 80% dengan memperoleh nilai  ≥ 70 dan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematis menggunakan N-Gain sebesar 0,7568 berada pada kategori “tinggi”.


 Kata Kunci: LKPD, Penelitian Pengembangan, Discovery Learning

Keywords

LKPD Development Research Discovery Learning

Article Details

How to Cite
soliya, damar, Utari, T., Siagian, T. A., Stiadi, E., & Lestary, R. (2022). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA MATERI GARIS DAN SUDUT DI KELAS VII SMP NEGERI 11 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(3), 410–420. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.3.410-420

References

  1. Anggita, Y. V., Muslim, A., & Irianto, S. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Matematika Materi Pengukuran Sudut Berbasis Model Discovery Learning Pada Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 2.
  2. Arif Rahmad julian, H. N. (2019, Agustus). Penerapan Model Discovery Learning dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII 6 SMP N 01 Kota Bnegkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematka Sekolah (JP2MS), 3(2).
  3. Gusyanti, C. (2021). Analisis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa. In Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies (Vol. 2, Issue 4). http://pusdikra-publishing.com/index.php/jrss
  4. Osin, A. E., Sesanti, N. R., & Marsitin, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Discovery Learning Pada Materi Aritmetika Sosial. 2.
  5. Pasaribu, R. W. (2020, September). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika berbasis Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Rantau Selatan. 7(2), 212-220.
  6. P I S A. (2019). www.oecd.org/about/publishing/corrigenda.htm.
  7. Prastowo. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Produktif (D. wijaya, Ed.; Vol. 8). DIVA Press
  8. Rizky Depitasari, E. E. (2021, April). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Setelah Pembelajaran Menggunakan LKPD dengan Model Inquiri. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah(JP2MS), 5(1), 58-70. doi:https://doi.org/10.33369/jp2ms.5.1.58-70
  9. Sukma Jaya, S. M. (2019, Desember). Pengembangan LKPD dengan Pendekatan Saintifik di SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(3).
  10. Widodo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD)berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah DasarSlamet. 26(2), 1–16.
  11. Wilujeng, H. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smp Negeri 10 Tangerang. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 137–147.