Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal uraian aritmetika sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 21 Lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa yang mengalami kesulitan belajar matematika yang dipilih oleh guru yang mengajar di kelas VII SMP Negeri 21 Lebong, berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) jenis kesalahan yang dilakukan siswa yaitu : (a) kesalahan dalam memahami soal 38,6%, (b) kesalahan dalam menentukan rumus 48%, (c) kesalahan dalam operasi penyelesaian 89,3%, (d) kesalahan dalam menyimpulkan 93,3%. (2) faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal uraian aritmetika sosial ini berasal dari faktor internal dan eksternal yaitu : minat, motivasi, sikap, lingkungan, dan fasilitas belajar.


Kata Kunci: Diagnosis, Deskriptif, Kesalahan, Aritmetika Sosial

Keywords

Diagnosis Descriptive Errors Social Arithmetic

Article Details

How to Cite
Utami, Y., Siagian, T. A., Utari, T., Agustinsa, R., & Susanta, A. (2022). DIAGNOSIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII SMP NEGERI 21 LEBONG. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(3), 398–409. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.3.398-409