Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam menguasai komponen proses literasi matematika PISA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif (Descriptive Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX 1 dan IX 2 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemampuan proses siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematika PISA 2012 terdiri dari tujuh jenis. Sebanyak 59,15% siswa memiliki kemampuan proses communication. Sebanyak 51,41% siswa memiliki kemampuan proses mathematising. Sebanyak 46,59% siswa memiliki kemampuan proses representation. Sebanyak 81,4% siswa memiliki kemampuan proses reasoning and argument. Sebanyak 51,31% siswa memiliki kemampuan proses devising strategies for solving problems. Sebanyak 49,82% siswa memiliki kemampuan proses using symbolic,formal and technical language and operation. Sebanyak 19,7% siswa memiliki kemampuan proses using mathematics tools. Sebanyak 40,85% siswa melakukan kesalahan proses communication.
Kata kunci : Kemampuan Siswa, Komponen Proses Literasi Matematika PISA
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2022 Elwan Stiadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Karim, & Sumartono. (2015). Kemampuan Mahasiswa Membuat Koneksi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Matematika ditinjau dari Perbedaan Gender. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73–79. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/math.v1i2.3
- Manalu, A. C. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas IX dalam Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 104–112. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.179
- Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2016). TIMSS 2015 International Results in Mathematics. Retrieved from Boston College, TIMSS & PIRLS International Study Center. Diakses 3 Februari 2022, dari http://timssandpirls.bc.edu/timss2015/international-results/
- Munahefi, D. N., Mulyono, Dwijanto, Fariz, R., Khoirunnisa, K., & Noverinto, B. (2021). Model Open Ended Project Based Learning Berbantuan Geogebra Pada Materi Vektor di Sekolah Menengah Atas. Lakeisha. Diakses dari http://bit.ly/1le9O5q
- Musriliani, C., & Anshari, B. I. (2015). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gender. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 49–58. https://doi.org/10.24815/dm.v2i2.2814
- MZ, Z. A. (2013). Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender, 12(1), 15. https://doi.org/10.24014/marwah.v12i1.511
- Nabillah, T., & Prasetyo, A. A. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika, 4(1), 60–64. Diakses dari http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
- NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: VA.
- Nugraha, A. A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 59–64. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897
- OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. Paris: PISA OECD. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
- Pratama, R. S. (2020). Koneksi Matematis Siswa ditinjau dari Motivasi Belajar pada Pembelajaran Advance Organizer Berbantuan Schoology (Universitas Negeri Semarang). Universitas Negeri Semarang. Diakses dari http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41388
- Rahmawati, S., Rachmani, N., & Nino, D. (2022). Studi Literatur : Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Hybrid Learning Ditinjau dari Gender dengan Model Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. 5, 423–430. Diakses dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
- Romli, M. (2016). Profil Koneksi Matematis Siswa Perempuan SMA dengan Kemampuan Matematika Tinggi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 145–157. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1241
- Samsu. (2021). Metode Penelitian : Teori & Aplikasi Penelitian Kualitatif , Kuantitatif , Mixed Methods , serta Research and Development (Rusmini, Ed.). Jambi: Pusaka Jambi.
- Syafi’i, M. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Matematika Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Kalkulus dan Aljabar di Kelas XI IPA SMA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 65–74. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.275
- Ulya, I. F., & Irawati, R. (2016). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 121–130. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2940
- Utami, V., & Effendi, K. N. S. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi Kubus. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019. Diakses dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2279
- Warih, P. D., Parta, I. N., & Rahardjo, S. (2016). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa kelas viiipada materi teorema pythagoras. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I), 377–384. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
- Waritsman, A. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Tolis Ilmiah : Jurnal Penelitian, 2(1), 28–32. Diakses dari https://ojs.umada.ac.id/index.php/Tolis_Ilmiah/article/view/91
- Yuniawatika. (2018). Kemampuan Koneksi Matematik Mahasiswa Pgsd Ditinjau Dari Perbedaan Gender. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 72–77. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.10872
- Zuyyina, H., Wijaya, T. T., & Senjawati, E. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi Lingkaran. Jurnal LP3M, 4(2), 79–90. Diakses dari https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sosio/article/view/2546/1739
References
Karim, & Sumartono. (2015). Kemampuan Mahasiswa Membuat Koneksi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Matematika ditinjau dari Perbedaan Gender. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73–79. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/math.v1i2.3
Manalu, A. C. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas IX dalam Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 104–112. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.179
Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2016). TIMSS 2015 International Results in Mathematics. Retrieved from Boston College, TIMSS & PIRLS International Study Center. Diakses 3 Februari 2022, dari http://timssandpirls.bc.edu/timss2015/international-results/
Munahefi, D. N., Mulyono, Dwijanto, Fariz, R., Khoirunnisa, K., & Noverinto, B. (2021). Model Open Ended Project Based Learning Berbantuan Geogebra Pada Materi Vektor di Sekolah Menengah Atas. Lakeisha. Diakses dari http://bit.ly/1le9O5q
Musriliani, C., & Anshari, B. I. (2015). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gender. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 49–58. https://doi.org/10.24815/dm.v2i2.2814
MZ, Z. A. (2013). Perspektif Gender Dalam Pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender, 12(1), 15. https://doi.org/10.24014/marwah.v12i1.511
Nabillah, T., & Prasetyo, A. A. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika, 4(1), 60–64. Diakses dari http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: VA.
Nugraha, A. A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 59–64. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897
OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. Paris: PISA OECD. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en
Pratama, R. S. (2020). Koneksi Matematis Siswa ditinjau dari Motivasi Belajar pada Pembelajaran Advance Organizer Berbantuan Schoology (Universitas Negeri Semarang). Universitas Negeri Semarang. Diakses dari http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41388
Rahmawati, S., Rachmani, N., & Nino, D. (2022). Studi Literatur : Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Hybrid Learning Ditinjau dari Gender dengan Model Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. 5, 423–430. Diakses dari https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Romli, M. (2016). Profil Koneksi Matematis Siswa Perempuan SMA dengan Kemampuan Matematika Tinggi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 145–157. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jipmat.v1i2.1241
Samsu. (2021). Metode Penelitian : Teori & Aplikasi Penelitian Kualitatif , Kuantitatif , Mixed Methods , serta Research and Development (Rusmini, Ed.). Jambi: Pusaka Jambi.
Syafi’i, M. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Matematika Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Kalkulus dan Aljabar di Kelas XI IPA SMA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 65–74. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.275
Ulya, I. F., & Irawati, R. (2016). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 121–130. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2940
Utami, V., & Effendi, K. N. S. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi Kubus. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019. Diakses dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2279
Warih, P. D., Parta, I. N., & Rahardjo, S. (2016). Analisis kemampuan koneksi matematis siswa kelas viiipada materi teorema pythagoras. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I), 377–384. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Waritsman, A. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Tolis Ilmiah : Jurnal Penelitian, 2(1), 28–32. Diakses dari https://ojs.umada.ac.id/index.php/Tolis_Ilmiah/article/view/91
Yuniawatika. (2018). Kemampuan Koneksi Matematik Mahasiswa Pgsd Ditinjau Dari Perbedaan Gender. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 72–77. https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.10872
Zuyyina, H., Wijaya, T. T., & Senjawati, E. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP pada Materi Lingkaran. Jurnal LP3M, 4(2), 79–90. Diakses dari https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sosio/article/view/2546/1739