Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik pemecahan masalah langkah polya berbasis model discovery learning pada materi lingkaran SMP yang memenuhi kriteria efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menerapkan 3 tahapan dari model pengembangan 4D, yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Instrumen penelitian terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini menghasilkan lembar kerja peserta didik pemecahan masalah langkah polya berbasis model discovery learning pada materi lingkaran SMP memenuhi kriteria efektif berdasarkan ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal yaitu sebesar 84% peserta didik yang tuntas dengan memperoleh nilai ≥ 70 dan hasil perhitungan N-gain kemampuan pemecahan masalah matematis dengan rata-rata N-gain 0,712 berada pada kategori “Tinggi”.


Kata kunci : Discovery Learning, Lembar Kerja Peserta Didik, Penelitian Pengembangan

Keywords

Discovery Learning Lembar Kerja Peserta Didik Penelitian Pengembangan

Article Details

How to Cite
Illahi, K., Yensy , N. A., Siagian, T. A., Agustinsa, R., & Utari, T. (2022). EFEKTIFITAS LKPD PEMECAHAN MASALAH LANGKAH POLYA BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LINGKARAN SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(3), 386–397. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.3.386-397