Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan LKPD discovery learning berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar peserta didik kelas VIII SMPN 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 2 Kota Bengkulu tahun ajaran 2021/2022. Sampel penelitian ialah kelas VIII A yang terdiri dari 35 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar tes kemampuan pemahaman konsep matematika yang berbentuk soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pretest-posttest terkait kemampuan pemahaman konsep diperoleh 43,93 dan 85,29. Kemudian dilakukan uji paired t-test dan diperoleh nilai atau  yaitu , sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD discovery learning berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar efektif diterapkan pada pembelajaran matematika di kelas.


Kata Kunci: Efektivitas, Discovery Learning, Geogebra, LKPD, Kemampuan Pemahaman Konsep  

Keywords

Efektivitas Discovery Learning Geogebra LKPD Kemampuan Pemahaman Konsep

Article Details

How to Cite
Shaffitri, N., Siagian, T. A., Yensy , N. A., Utari, T., & Agustinsa, R. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LKPD DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG SISI DATAR. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(3), 351–361. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.3.351-361

References

  1. Dafira, I. S., & Widodo, W. (2021). Efektivitas Model Discovery Learning Berbasis Digital Terhadap Pemahaman Konsep Materi Sistem Pencernaan. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 9(2), 182–187. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38027
  2. Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
  3. Efuansyah, E., & Wahyuni, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa untuk Memfasilitasi Pencapaian Penguasaan Konsep Matematika. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 105–118. https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/numerical/article/view/485
  4. Farihah, U. (2015). Pengaruh Program Interaktif Geogebra Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Grafik Persamaan Garis Lurus. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 1(1), 12–23. https://doi.org/https://doi.org/10.29100/jp2m.v1i2.190
  5. Fitriyana, N., & Purwasi, L. A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 3, 17–25. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/judika.v3i1.1242
  6. Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan LKS Berbasis RME dengan Pendekatan Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51–63. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.20
  7. Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. In R. Sikumbang (Ed.), Ghalia Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia.
  8. Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.)). Bandung: Refika Aditama.
  9. Mawaddah, S, & Maryani, R. (2016). Learning), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
  10. Mawaddah, Siti, & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
  11. Novitasari, D., Hamdani, D., Arifin, S., & Junaidi. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Geogebra untuk Mengingkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika, 7(1), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.25134/jes-mat.v7i1.3916
  12. Nurrahman, A., & Sutiarso, S. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Model Penemuan Terbimbing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 5(11), 1–8. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv5n2_1
  13. OECD. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. In OECD. OECD.
  14. Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115–122. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.9699
  15. Rahayu, N., Asnawati, R., & Bharata, H. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Nimas. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(September), 606–618. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/16730
  16. Rostika, D., & Junita, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sd Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Diskursus Multy Representation (Dmr). EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 35. https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6176
  17. Roza, M., & Khairani, M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, IV(2), 387–398. http://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/187
  18. Setiawati, E., Risalah, D., & Oktaviana, D. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Berbantuan Geogebra pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 32–41. https://doi.org/ISSN 2722-4899 (online) https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.788
  19. Syahbana, A. (2016). Belajar Menguasai GeoGebra. Palembang: NoerFikri Offset.
  20. Widrianto, Rusdi, & Maizora, S. (2017). Efektivitas Lembar Keja Siswa dengan Model Problem Based Learning pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(2), 137–142. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.2.137-142