Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan LKPD discovery learning berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar peserta didik kelas VIII SMPN 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 2 Kota Bengkulu tahun ajaran 2021/2022. Sampel penelitian ialah kelas VIII A yang terdiri dari 35 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar tes kemampuan pemahaman konsep matematika yang berbentuk soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pretest-posttest terkait kemampuan pemahaman konsep diperoleh 43,93 dan 85,29. Kemudian dilakukan uji paired t-test dan diperoleh nilai atau yaitu , sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD discovery learning berbantuan geogebra terhadap kemampuan pemahaman konsep bangun ruang sisi datar efektif diterapkan pada pembelajaran matematika di kelas.
Kata Kunci: Efektivitas, Discovery Learning, Geogebra, LKPD, Kemampuan Pemahaman Konsep
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2022 Nadiyya Shaffitri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Dafira, I. S., & Widodo, W. (2021). Efektivitas Model Discovery Learning Berbasis Digital Terhadap Pemahaman Konsep Materi Sistem Pencernaan. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 9(2), 182–187. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38027
- Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
- Efuansyah, E., & Wahyuni, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa untuk Memfasilitasi Pencapaian Penguasaan Konsep Matematika. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 105–118. https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/numerical/article/view/485
- Farihah, U. (2015). Pengaruh Program Interaktif Geogebra Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Grafik Persamaan Garis Lurus. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 1(1), 12–23. https://doi.org/https://doi.org/10.29100/jp2m.v1i2.190
- Fitriyana, N., & Purwasi, L. A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 3, 17–25. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/judika.v3i1.1242
- Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan LKS Berbasis RME dengan Pendekatan Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51–63. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.20
- Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. In R. Sikumbang (Ed.), Ghalia Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia.
- Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.)). Bandung: Refika Aditama.
- Mawaddah, S, & Maryani, R. (2016). Learning), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
- Mawaddah, Siti, & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
- Novitasari, D., Hamdani, D., Arifin, S., & Junaidi. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Geogebra untuk Mengingkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika, 7(1), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.25134/jes-mat.v7i1.3916
- Nurrahman, A., & Sutiarso, S. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Model Penemuan Terbimbing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 5(11), 1–8. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv5n2_1
- OECD. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. In OECD. OECD.
- Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115–122. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.9699
- Rahayu, N., Asnawati, R., & Bharata, H. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Nimas. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(September), 606–618. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/16730
- Rostika, D., & Junita, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sd Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Diskursus Multy Representation (Dmr). EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 35. https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6176
- Roza, M., & Khairani, M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, IV(2), 387–398. http://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/187
- Setiawati, E., Risalah, D., & Oktaviana, D. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Berbantuan Geogebra pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 32–41. https://doi.org/ISSN 2722-4899 (online) https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.788
- Syahbana, A. (2016). Belajar Menguasai GeoGebra. Palembang: NoerFikri Offset.
- Widrianto, Rusdi, & Maizora, S. (2017). Efektivitas Lembar Keja Siswa dengan Model Problem Based Learning pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(2), 137–142. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.2.137-142
References
Dafira, I. S., & Widodo, W. (2021). Efektivitas Model Discovery Learning Berbasis Digital Terhadap Pemahaman Konsep Materi Sistem Pencernaan. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 9(2), 182–187. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38027
Depdiknas. (2006). Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Efuansyah, E., & Wahyuni, R. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa untuk Memfasilitasi Pencapaian Penguasaan Konsep Matematika. NUMERICAL: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 105–118. https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/numerical/article/view/485
Farihah, U. (2015). Pengaruh Program Interaktif Geogebra Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Grafik Persamaan Garis Lurus. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika (JP2M), 1(1), 12–23. https://doi.org/https://doi.org/10.29100/jp2m.v1i2.190
Fitriyana, N., & Purwasi, L. A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 3, 17–25. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/judika.v3i1.1242
Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan LKS Berbasis RME dengan Pendekatan Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51–63. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.20
Hosnan, M. (2016). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. In R. Sikumbang (Ed.), Ghalia Indonesia. Bogor: Ghalia Indonesia.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika (Anna (ed.)). Bandung: Refika Aditama.
Mawaddah, S, & Maryani, R. (2016). Learning), Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
Mawaddah, Siti, & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2292
Novitasari, D., Hamdani, D., Arifin, S., & Junaidi. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Geogebra untuk Mengingkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika, 7(1), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.25134/jes-mat.v7i1.3916
Nurrahman, A., & Sutiarso, S. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Model Penemuan Terbimbing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 5(11), 1–8. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv5n2_1
OECD. (2019). PISA 2018: Insights and Interpretations. In OECD. OECD.
Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115–122. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i1.9699
Rahayu, N., Asnawati, R., & Bharata, H. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Nimas. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(September), 606–618. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/16730
Rostika, D., & Junita, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sd Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Diskursus Multy Representation (Dmr). EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 35. https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6176
Roza, M., & Khairani, M. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Ahlussunnah, IV(2), 387–398. http://ojs.stkip-ahlussunnah.ac.id/index.php/jipa/article/view/187
Setiawati, E., Risalah, D., & Oktaviana, D. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Berbantuan Geogebra pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 32–41. https://doi.org/ISSN 2722-4899 (online) https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.788
Syahbana, A. (2016). Belajar Menguasai GeoGebra. Palembang: NoerFikri Offset.
Widrianto, Rusdi, & Maizora, S. (2017). Efektivitas Lembar Keja Siswa dengan Model Problem Based Learning pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(2), 137–142. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.2.137-142