Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kognitif soal pada buku Pendamping Matematika SMP kelas VIII Terbitan Erlangga materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Taksnomi Bloom Revisi yang digunakan, yaitu dimensi proses kognitif yang meliputi: mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatitf. Sumber data penelitian pada penelitian ini adalah soal pilihan ganda dan soal esai materi SPLDV pada buku pendamping matematika kelas VIII. Soal-soal pilihan ganda dan esai yang dianalisis berjumlah 110 soal dengan tingkat kognitif mengenali (C1) sebanyak 2 soal (1,81%), mengaplikasikan (C3) sebanyak 99 soal ( 90%), menganalisis (C4) sebanyak 9 soal (8,18%) serta tidak adanya tingkat kognitif memahami (C2), mengevaluasi (C5) dan mencipta (C6). Soal pilihan ganda dan esai pada SLPDV ini mendominasi pada tingkat kognitif mengaplikasikan (C3). Sehingga, didapat bahwa sebaran tingkat kognitif soal pilihan ganda dan soal esai materi SPLDV belum proporsional.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.