Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD berbasis Realistic Mathematic Education pada materi aritmatika sosial di SMP Negeri 11 Kota Bengkulu yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan menerapkan 4 tahapan dari model 4D, yaitu pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validitas, lembar kepraktisan, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD berbasis RME memenuhi kriteria efektif dilihat dari ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal memperoleh 82% peserta didik yang tuntas serta hasil perhitungan  N gain tes hasil belajar dengan rata-rata N gain  0,78 berada pada kategori “tinggi” .

Article Details

How to Cite
Safitri, A., Yensy , N. A., & Siagian, T. A. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LKPD MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL . Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(2), 248–258. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.2.248-258