Main Article Content

Abstract

Tujan penelitian untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model kooperatif tipe group investigation lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menggunakan metode ekspositori pada materi aritmatika kelas VII SMPN 3 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yaitu eksperimen semu dengan desain pretest-posttest. Populasi penelitian adalah kelas VII, VII.5 sebagai kelas eksperimen dan VII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yaitu instrumen tes berupa soal subjektif. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dan perhitungan N Gain. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar matematika. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 46,84 dan kelas kontrol 30,37. Hasil perhitungan menggunakan SPSS dengan tingkat kepercayaan 95% menunjukkan nilai sig. =  dan diperoleh  sehingga  ditolak. Pada perhitungan N Gain didapat rata-rata N Gain pada kelas eksperimen yakni 0,43 dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol 0,17 dengan kategori rendah, didapati bahwa angka kenaikan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari angka kenaikan pada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan model group investigation lebih tinggi dari hasil belajar siswa dengan metode ekspositori.

Article Details

How to Cite
Shabira, N. R., Susanto, E., & Yensy , N. A. (2022). PERBANDINGAN MODEL GROUP INVESTIGATION DAN METODE EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(2), 259–267. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.2.259-267