Main Article Content
Abstract
Tujan penelitian untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan model kooperatif tipe group investigation lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang menggunakan metode ekspositori pada materi aritmatika kelas VII SMPN 3 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yaitu eksperimen semu dengan desain pretest-posttest. Populasi penelitian adalah kelas VII, VII.5 sebagai kelas eksperimen dan VII.4 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yaitu instrumen tes berupa soal subjektif. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dan perhitungan N Gain. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar matematika. Rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 46,84 dan kelas kontrol 30,37. Hasil perhitungan menggunakan SPSS dengan tingkat kepercayaan 95% menunjukkan nilai sig. = dan diperoleh sehingga ditolak. Pada perhitungan N Gain didapat rata-rata N Gain pada kelas eksperimen yakni 0,43 dengan kategori sedang dan pada kelas kontrol 0,17 dengan kategori rendah, didapati bahwa angka kenaikan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari angka kenaikan pada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan model group investigation lebih tinggi dari hasil belajar siswa dengan metode ekspositori.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.