Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD berbasis RME pada materi lingkaran di SMPN 1 Kota Bengkulu yang memenuhi efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menerapkan 3 tahapan dari model pengembangan 4D, yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Instrumen penelitian yaitu lembar efektivitas yang meliputi lembar pengamatan aktivitas pendidik, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, lembar respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa LKPD berbasis RME pada materi lingkaran di Kelas VIII SMPN 1 Kota Bengkulu memuat langkah-langkah sesuai dengan sintaks RME yang membimbing peserta didik untuk menemukan dan memahami konsep-konsep lingkaran, peserta didik dapat menyelesaikan THB dan memperoleh hasil belajar yang tinggi dengan persentase ketuntasan 93,75%. LKPD berbasis RME dapat memaksimalkan aktivitas peserta didik, memotivasi peserta didik dalam belajar, membantu peserta didik memahami materi, serta aktif dalam pembelajaran. Sehingga LKPD berbasis Realistic Mathematics Education yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori sangat efektif dengan skor efektivitas 4,56 berdasarkan aktivitas, respon peserta didik, dan hasil belajar peserta didik.

Article Details

How to Cite
Rum, A. M., Susanta, A., & Rusdi, R. (2020). PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS RME PADA MATERI LINGKARAN DI KELAS VIII SMPN 1 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(3), 425–432. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.3.425-432