Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan LKPD berbasis RME pada materi lingkaran di SMPN 1 Kota Bengkulu yang memenuhi efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menerapkan 3 tahapan dari model pengembangan 4D, yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Instrumen penelitian yaitu lembar efektivitas yang meliputi lembar pengamatan aktivitas pendidik, lembar pengamatan aktivitas peserta didik, lembar respon peserta didik, dan tes hasil belajar. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa LKPD berbasis RME pada materi lingkaran di Kelas VIII SMPN 1 Kota Bengkulu memuat langkah-langkah sesuai dengan sintaks RME yang membimbing peserta didik untuk menemukan dan memahami konsep-konsep lingkaran, peserta didik dapat menyelesaikan THB dan memperoleh hasil belajar yang tinggi dengan persentase ketuntasan 93,75%. LKPD berbasis RME dapat memaksimalkan aktivitas peserta didik, memotivasi peserta didik dalam belajar, membantu peserta didik memahami materi, serta aktif dalam pembelajaran. Sehingga LKPD berbasis Realistic Mathematics Education yang telah dikembangkan termasuk dalam kategori sangat efektif dengan skor efektivitas 4,56 berdasarkan aktivitas, respon peserta didik, dan hasil belajar peserta didik.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.