Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi pecahan subbab operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan di Kelas VII SMP Negeri 16 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah semua jawaban siswa pada soal operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan kelas VII F, SMP Negeri 16 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik tes. Berdasarkan hasil pembahasan terhadap analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan pecahan, terdapat kesalahan menyelesaikan soal tentang menyederhanakan bentuk pecahan sebanyak 12,12%. Kesalahan menyelesaikan soal tentang menentukan pecahan senilai yaitu sebanyak 33,33%. Kesalahan menyelesaikan soal tentang mengurangi pecahan berpenyebut sama yaitu sebanyak 42,4%. Kesalahan menyelesaikan soal tentang menjumlahkan pecahan berpenyebut faktor dari penyebut yang lain yaitu sebanyak 57,57%. Kesalahan menyelesaikan soal tentang mengurangkan pecahan berpenyebut faktor dari penyebut yang lain yaitu sebanyak 54,5%. Kesalahan menyelesaikan soal tentang menjumlahkan pecahan berpenyebut beda yaitu sebanyak 42,42%. Kesalahan menyelesaikan soal tentang mengurangkan pecahan berpenyebut beda yaitu sebanyak 57,57%. Kesalahan menyelesaikan soal tentang menjumlahkan pecahan dalam bentuk cerita yaitu sebanyak 87,87%. Kesalahan menyelesaikan soal tentang mengurangkan pecahan dalam bentuk cerita yaitu sebanyak 60,6%.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.