Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kognitif soal latihan dan soal uji kompetensi materi
statistika pada buku teks matematika terbitan kemendikbud kurikulum 2013 edisi revisi 2017 kelas VIII
SMP semester 2 berdasarkan taksonomi bloom revisi. Taksonomi Bloom revisi yang digunakan ialah
pada dimensi proses kognitif yang terdiri dari: mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3),
menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kualitatif. Soal-soal latihan yang dianalisis berjumlah 49 pertanyaan dan soal uji kompetensi berjumlah 38
pertanyaan. Pada soal latihan memiliki tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 7 pertanyaan (14,3%),
mengaplikasikan (C3) sebanyak 39 pertanyaan (79,6%), mengevaluasi (C5) sebanyak 2 pertanyaan (4,1%),
dan mencipta (C6) sebanyak 1 pertanyaan (2%), serta tidak adanya tingkat kognitif mengingat (C1) dan
mengevaluasi (C4). Sedangkan pada soal uji kompetensi memiliki tingkat kognitif mengingat (C1) sebanyak
1 pertanyaan (2,6%), memahami (C2) sebanyak 2 pertanyaan (5,3%), mengaplikasikan (C3) sebanyak 30
pertanyaan (78,9%), menganalisis (C4) sebanyak 3 pertanyaan (7,9%), dan mengevaluasi (C5) sebanyak 2
pertanyaan (5,3%), serta tidak adanya tingkat kognitif mengingat (C1) dan mencipta (C6).
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.