Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada materi segitiga dan segiempat. Penelitian yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 23 siswa kelas VIIA SMP Negeri 6 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2016/2017. Istrumen yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa juga dapat di tingkatkan dengan cara memberikan lembar kegitan peserta didik (LKPD) berbasis CIRC, menugaskan siswa untuk membaca memberikan soal-soal latihan yang menggunkan konsep, dan meringkas materi di rumah, dan menggambar serta menghitung dengan teliti. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata tes hasil belajar (THB) siswa siklus I sampai siklus III yaitu 70,17, 78,91 dan 82,87 dengan presentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III yaitu 56,52%, 73,91%, 82,61%.
Kata Kunci
Rincian Artikel
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Aqib, Z., dkk. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung: Yrama Widya.
- Daryanto. 2014. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta Contoh-Contohnya. Yogyakarta: Gava Media.
- Dimyati, & Murdjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
- Hanafiah, N., & Suhana, C. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
- Hotimah, H., Sunardi, & Suharto. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Kadikma, Vol. 5, No. 2, Hal 121- 130, Agustus 2014
- Jihat, A., & Haris, A. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
- Kurniasih, I., & Sani, B. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru . Surabaya : Kata Pena.
- Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar.Jakarta: Kharisma Putra Utama Offset.
- Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
- Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning,diterjemahkan oleh NarulitaYusron dengan judul Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
- Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidiakan Matematika di Indonesia (Konsentrasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan). Surabaya: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departeman Pendididkan Nasional.
- Sudjana. 2005. Metoda Statistika.Bandung: Tarsito.
- Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Suprijono, Agus. 2014. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Yuliawati, F., dkk. 2012. Penelitian tindakan kelas untuk tenaga pendidik profesional. Yogyakarta: Pedagogia.
- Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Referensi
Aqib, Z., dkk. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung: Yrama Widya.
Daryanto. 2014. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah Beserta Contoh-Contohnya. Yogyakarta: Gava Media.
Dimyati, & Murdjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hanafiah, N., & Suhana, C. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Hotimah, H., Sunardi, & Suharto. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Pokok Bahasan Kubus dan Balok. Kadikma, Vol. 5, No. 2, Hal 121- 130, Agustus 2014
Jihat, A., & Haris, A. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Kurniasih, I., & Sani, B. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru . Surabaya : Kata Pena.
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar.Jakarta: Kharisma Putra Utama Offset.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning,diterjemahkan oleh NarulitaYusron dengan judul Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidiakan Matematika di Indonesia (Konsentrasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan). Surabaya: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departeman Pendididkan Nasional.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika.Bandung: Tarsito.
Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suprijono, Agus. 2014. Cooperatif Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yuliawati, F., dkk. 2012. Penelitian tindakan kelas untuk tenaga pendidik profesional. Yogyakarta: Pedagogia.
Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.