Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 17 Kota Bengkulu dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan scientific. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu yang berjumlah 26 siswa yang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match berbantuan LKPD berbasis scientific yang dilaksanakan dengan membagikan LKPD berbasis scientific yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengomunikasi setelah itu dilanjutkan model pembelaaran kooperatif tipe Make A Match yang dilaksanakan dengan menyiapkan kartu pasangan, membagi kelas menjadi dua kelompok besar, membagikan kartu kepada siswa, siswa memikirkan atau mengerjakan kartu pasangan, siswa mencari kartu pasangan, siswa mengumpulkan kartu pasangan dan mempresentasikan hasil diskusi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Hal tersebut terbukti dengan adanya peningkatan nilai ketuntasan klasikal pada siklus I, II dan III secara berturut-turut adalah 53,85%; 73,08% dan 80,77%.
Article Details
Copyright (c) 2021 Sintia Utami Pratiwi, Nurul Astuty Yensy, Syafdi Maizora, Teddy Alfra Siagian

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.