Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan learning trajectory yang menggunakan puzzle bangun datar sederhana pada pembelajaran luas bangun datar gabungan dengan pendekatan PMRI kelas VI Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode design research tipe validation study yang bertujuan untuk membuktikan teori-teori pembelajaran. Design research sendiri terdiri dari tiga tahapan yang merupakan proses siklik yang berulang dari eksperimen pemikiran (thought experiment) menuju eksperimen pemikiran (instruction experiment) (Gravemeijer, 1994). Setelah melakukan tiga tahapan tersebut, penelitian ini akan menghasilkan lintasan belajar yang terdiri dari dua aktivitas pembelajaran pada materi luas bangun datar gabungan dengan menggunakan puzzle berbentuk bangun datar sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa lintasan belajar tersebut dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi luas bangun datar gabungan.


Kata kunci : Learning trajectory, PMRI, puzzle, luas bangun datar gabungan

Article Details

How to Cite
-, O. M. U., Hartono, Y., & Putri, R. I. I. (2022). Permainan Puzzle Pada Pembelajaran Luas Bangun Gabungan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(3), 341–350. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.3.341-350