Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan learning trajectory yang menggunakan puzzle bangun datar sederhana pada pembelajaran luas bangun datar gabungan dengan pendekatan PMRI kelas VI Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode design research tipe validation study yang bertujuan untuk membuktikan teori-teori pembelajaran. Design research sendiri terdiri dari tiga tahapan yang merupakan proses siklik yang berulang dari eksperimen pemikiran (thought experiment) menuju eksperimen pemikiran (instruction experiment) (Gravemeijer, 1994). Setelah melakukan tiga tahapan tersebut, penelitian ini akan menghasilkan lintasan belajar yang terdiri dari dua aktivitas pembelajaran pada materi luas bangun datar gabungan dengan menggunakan puzzle berbentuk bangun datar sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa lintasan belajar tersebut dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi luas bangun datar gabungan.
Kata kunci : Learning trajectory, PMRI, puzzle, luas bangun datar gabungan
Article Details
Copyright (c) 2022 Ogi Meita Utami -, Yusuf Hartono, Ratu Ilma Indra Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.