Main Article Content

Abstract

Pada era teknologi 5.0, guru diharuskan mampu melakukan usaha pembaharuan dalam proses pembelajaran yang berhubungan dengan pemanfaatan teknologi. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tanggapan peserta didik dan pendidik mengenai media pembelajaran berbasis android materi Teorema Pythagoras di SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik angket. Pada penelitian ini pengembangan yang digunakan adalah model yang dikembangkan oleh Plomp, yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu yang pertama Preliminary Research, dilanjutkan dengan fase Prototyping Phase, dan yang terakhir adalah fase Assessment Phase. Dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Adapun hasil penelitian yang diperoleh dari angket respon peserta didik dan pendidik terhadap media pembelajaran berbasis android pada materi Teorema Pythagoras. Penilaian penelitian ini mencakup aspek isi pada aplikasi, aspek kebahasaan, aspek materi, serta motivasi peserta didik. Didapatkan hasil dari angket respon pendidik, bahwa aspek kebahasaan memperoleh persentase lebih besar daripada dua aspek lainnya yaitu sebesar , sedangkan dari hasil angket respon peserta didik, didapatkan bahwa aspek isi pada aplikasi pembelajaran memperoleh persentase yang lebih besar daripada dua aspek lainnya yaitu sebesar . Dari hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi Teorema Pythagoras adalah layak digunakan pada proses pembelajaran serta memiliki kelebihan pada aspek isi dalam aplikasi dan aspek kebahasaan.


Kata kunci: Android, Media Pembelajaran, Respon, Teorema Pythagoras

Article Details

How to Cite
Ardianti, D., Weni Oktaviani, Iqbal Martha Dimas, Teddy Alfra Siagian, & Ratnah Lestary. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MATERI TEOREMA PYTHAGORAS PADA JENJANG SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(3), 316–324. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.3.316-324