Main Article Content
Abstract
Pada era teknologi 5.0, guru diharuskan mampu melakukan usaha pembaharuan dalam proses pembelajaran yang berhubungan dengan pemanfaatan teknologi. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tanggapan peserta didik dan pendidik mengenai media pembelajaran berbasis android materi Teorema Pythagoras di SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik angket. Pada penelitian ini pengembangan yang digunakan adalah model yang dikembangkan oleh Plomp, yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu yang pertama Preliminary Research, dilanjutkan dengan fase Prototyping Phase, dan yang terakhir adalah fase Assessment Phase. Dengan menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Adapun hasil penelitian yang diperoleh dari angket respon peserta didik dan pendidik terhadap media pembelajaran berbasis android pada materi Teorema Pythagoras. Penilaian penelitian ini mencakup aspek isi pada aplikasi, aspek kebahasaan, aspek materi, serta motivasi peserta didik. Didapatkan hasil dari angket respon pendidik, bahwa aspek kebahasaan memperoleh persentase lebih besar daripada dua aspek lainnya yaitu sebesar , sedangkan dari hasil angket respon peserta didik, didapatkan bahwa aspek isi pada aplikasi pembelajaran memperoleh persentase yang lebih besar daripada dua aspek lainnya yaitu sebesar . Dari hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi Teorema Pythagoras adalah layak digunakan pada proses pembelajaran serta memiliki kelebihan pada aspek isi dalam aplikasi dan aspek kebahasaan.
Kata kunci: Android, Media Pembelajaran, Respon, Teorema Pythagoras
Article Details
Copyright (c) 2022 Delsa Ardianti, Weni Oktaviani, Iqbal Martha Dimas, Teddy Alfra Siagian, Ratnah Lestary

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.