Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematika PISA 2012. Penelitian ini merupakan  penelitian deskriptif (Descriptive Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX 1 dan IX 2 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,  kemampuan siswa dalam menguasai komponen content literasi matematika PISA  terdiri dari empat jenis, yaitu sebagai berikut: terdapat sebanyak 45,67% siswa kelas IX SMP N 4 Kota Bengkulu mampu menguasai komponen content ruang dan bentuk, terdapat sebanyak 48,48% siswa IX SMP N 4 Kota Bengkulu mampu menguasai komponen content perubahan dan keterkaitan, terdapat sebanyak 53,25% siswa IX SMP N 4 Kota Bengkulu mampu menguasai komponen content probabilitas, ketidakpastian, dan data, terdapat sebanyak 92,8% siswa IX SMP N 4 Kota Bengkulu mampu menguasai komponen content kuantitas.


Kata kunci : Kemampuan, Content, Literasi Matematika PISA

Article Details

How to Cite
Stiadi, E., Putra, A., & Lestary, R. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGUASAI KOMPONEN CONTENT KETIKA MENYELESAIKAN SOAL LITERASI MATEMATIKA PISA DI SMPN 4 KOTA BENGKULU . Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(3), 440–449. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.3.440-449