Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal literasi matematika PISA 2012. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif (Descriptive Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX 1 dan IX 2 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Instrumen dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kemampuan siswa dalam menguasai komponen content literasi matematika PISA terdiri dari empat jenis, yaitu sebagai berikut: terdapat sebanyak 45,67% siswa kelas IX SMP N 4 Kota Bengkulu mampu menguasai komponen content ruang dan bentuk, terdapat sebanyak 48,48% siswa IX SMP N 4 Kota Bengkulu mampu menguasai komponen content perubahan dan keterkaitan, terdapat sebanyak 53,25% siswa IX SMP N 4 Kota Bengkulu mampu menguasai komponen content probabilitas, ketidakpastian, dan data, terdapat sebanyak 92,8% siswa IX SMP N 4 Kota Bengkulu mampu menguasai komponen content kuantitas.
Kata kunci : Kemampuan, Content, Literasi Matematika PISA
Article Details
Copyright (c) 2022 Elwan Stiadi, Ari Putra, Ratnah Lestary

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.