Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media kartu soal untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII 5 SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara menggunakan kartu soal, menggunakan alat peraga, membimbing siswa, mengumumkan nilai tes akhir. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa dari siklus I sampai siklus III yaitu: 67,76; 75; 83,24 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III yaitu 37,14%; 57,14%; 82,85%

Article Details

How to Cite
Barutu, A., Rahimah, D., & Herawaty, D. (2017). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA KARTU SOAL. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(2), 143–147. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.2.143-147

References

  1. Abdurrahman, Mulyono.2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
  2. Arikunto, Suharsimi, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: bumi aksara
  3. Hamdayama, Jumanta. 2015. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.
  4. Lestari, Karunia Eka & Mokhad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
  5. Munadi, Yudhi.2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group)
  6. Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
  7. Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kharisma Putra Utama.