Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan media kartu soal untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII 5 SMP Negeri 3 Kota Bengkulu. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dengan cara menggunakan kartu soal, menggunakan alat peraga, membimbing siswa, mengumumkan nilai tes akhir. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa dari siklus I sampai siklus III yaitu: 67,76; 75; 83,24 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I sampai siklus III yaitu 37,14%; 57,14%; 82,85%
Kata Kunci
Rincian Artikel
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Abdurrahman, Mulyono.2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
- Arikunto, Suharsimi, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: bumi aksara
- Hamdayama, Jumanta. 2015. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.
- Lestari, Karunia Eka & Mokhad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
- Munadi, Yudhi.2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group)
- Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
- Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kharisma Putra Utama.
Referensi
Abdurrahman, Mulyono.2012. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: bumi aksara
Hamdayama, Jumanta. 2015. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Lestari, Karunia Eka & Mokhad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Munadi, Yudhi.2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group)
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kharisma Putra Utama.