Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah PTK kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan alur penelitian yaitu: rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 01 Talang Empat yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi dan tes hasil belajar. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan tes hasil belajar setiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui model pembelajaran ARIAS. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pebelajaran ARIAS dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa.
Article Details
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- DAFTAR PUSTAKA
- Arikunto Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
- Aqib, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung:CV. Yrama Widya.
- Daryanto. 2014. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
- Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
- Gunawan Rudy. 2014. Pengembangan Kompetensi Guru IPS. Jakarta: Alfabeta.
- Jihad Asep, Haris Abdul. Evaluasi Pembelajaran. Multi Presindo.
- Rahman Muhammat, Amri Sofan. 2014. Model Pembelajaran ARIAS Terintegratif. Jakarta: PT.Prestasi Pustakarya.
- Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Cetakan Ke-3. Jakarta: Rajawali Pers.
- Sardiman. 2014. Interaksi dann Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
- Sudijono. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
- Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito.
References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Aqib, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung:CV. Yrama Widya.
Daryanto. 2014. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Gunawan Rudy. 2014. Pengembangan Kompetensi Guru IPS. Jakarta: Alfabeta.
Jihad Asep, Haris Abdul. Evaluasi Pembelajaran. Multi Presindo.
Rahman Muhammat, Amri Sofan. 2014. Model Pembelajaran ARIAS Terintegratif. Jakarta: PT.Prestasi Pustakarya.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Cetakan Ke-3. Jakarta: Rajawali Pers.
Sardiman. 2014. Interaksi dann Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Sudijono. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito.