Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah PTK kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan alur penelitian yaitu: rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 01 Talang Empat yang berjumlah 25 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi dan tes hasil belajar. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan tes hasil belajar setiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui model pembelajaran ARIAS.  Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pebelajaran ARIAS dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa.

Article Details

How to Cite
Aulia, K., Rusdi, R., & Herawaty, D. (2017). MODEL PEMBELAJARAN ARIAS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VII B SMP NEGERI 01 TALANG EMPAT. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 1(2), 148–154. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.2.148-154

References

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Arikunto Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
  3. Aqib, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB dan TK. Bandung:CV. Yrama Widya.
  4. Daryanto. 2014. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
  5. Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
  6. Gunawan Rudy. 2014. Pengembangan Kompetensi Guru IPS. Jakarta: Alfabeta.
  7. Jihad Asep, Haris Abdul. Evaluasi Pembelajaran. Multi Presindo.
  8. Rahman Muhammat, Amri Sofan. 2014. Model Pembelajaran ARIAS Terintegratif. Jakarta: PT.Prestasi Pustakarya.
  9. Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru Cetakan Ke-3. Jakarta: Rajawali Pers.
  10. Sardiman. 2014. Interaksi dann Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
  11. Sudijono. 2008. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
  12. Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito.