Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah matematrika pada soal berbasis literasi numerasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan subyek peneltiian ini adalah siswa kelas VIII MTs Nurul Iman. Untuk menguji kredibilitas data dilakukan dengan cara triangulasi sumber dari ke tiga sumber diatas. Teknik analisis datanya dilakukan dengan Reduksi data dilakukan untuk menyeleksi data yang hanya diperlukan untuk analisis data agar lebih mudah, penyajian data meliputi pengklasifikasian dan identifikasi data yaitu menuliskan data yang terorganisir dan terkategori, kemudian peneliti mencoba untuk menarik kesimpulan berdasarkan tema dengan tujuan untuk menemukan makna dari data yang telah dikumpulkan. Berdasarkan  hasil  temuan  penelitian  yang  diperoleh,  dapat  disimpulkan  bahwa  (1)  Siswa berkemampuan  matematika  tinggi  dapat  memenuhi  empat  indikator  kemampuan  berpikir  kritis dalam   memecahkan   masalah soal berbasis literasi numerasi,   yaitu   mampu   merumuskan   pokok-pokok   permasalahan   dan mengungkapkan   fakta   yang   ada,   mampu   mendeteksi   bias   dan   menentukan   konsep   untuk menyelesaikan soal, mampu mengerjakan soal sesuai rencana, mampu memeriksa kembali jawaban, menggunakan  cara  lain,  dan  menarik  kesimpulan.  (2)  Siswa  berkemampuan  matematika  sedang dapat  memenuhi  2  indikator  kemampuan  berpikir  kritis  dalam  memecahkan  masalah soal berbasis literasi numerasi,  yaitu mampu  merumuskan  pokok-pokok  permasalahan  dan  mengungkapkan  fakta  yang  ada,  mampu menyelesaikan  soal  dan mampu  mengerjakan  soal sesuai   rencana.

Article Details

How to Cite
Rukman , N. K., & Zulfikar, R. N. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA SOAL BERBASIS LITERASI NUMERASI . Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(1), 106–117. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.1.106-117