Main Article Content
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan selama kegiatan pra-penelitian yaitu rendahnya rasa ingin tahu siswa dan mempengaruhi prestasi siswa dalam pembelajaran matematika. Hasil angket rasa ingin tahu siswa berada pada kategori rendah dengan persentase 54% pada kegiatan pra-penelitian. Bahkan tidak ada satupun siswa pada kategori tinggi dan sangat tinggi. Sebagian besar siswa mendapatkan nilai pada tes awal matematika dibawah KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi siswa kelas VII SMP Islam MU Modung dalam pembelajaran matematika menggunakan model guided discovery learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model PTK yang dikembangkan oleh Kemis & McTagart. Ada empat tahapan penelitian yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan rasa ingin tahu siswa setelah penerapan 2 siklus. Pada siklus I, rata-rata rasa ingin tahu siswa yang awalnya berada pada kategori rendah meningkat pada kategori sedang. Kemudian siklus II meningkat pada kategori tinggi dengan persentase 73%. Adapun prestasi belajar matematika siswa mengalami peningkatan nilai rata-rata pada setiap akhir siklus dibandingkan dengan data awal dan mencapai KKM sebanyak 76.92% di akhir siklus 2. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran guided discovery dapat menjadi alternatif dalam meningkatkan rasa ingin tahu siswa pada pembelajaran matematika, sehingga secara otomatis meningkatkan prestasi matematika siswa.
Article Details
Copyright (c) 2023 Firda Hariyanti, Wahyu Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.