Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VIII4 SMP Negeri 1 Lebong melalui model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subyek yang menerima tindakan adalah peserta didik kelas  VIII SMP Negeri 1 Lebong sebanyak 25 peserta didik. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar pada muatan pembelajaran matematika. Terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika peserta didik pada siklus satu, namun peningkatan tersebut belum mencapai indikator keberhasilan penelitian sehingga tindakan dilanjutkan di siklus 2. Pada siklus 2, terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika peserta didik dan sudah memenuhi indikator  keberhasilan penelitian. Hal ini dapat dilihat pada persentase ketuntasan belajar klasikal yang semula pada siklus I mencapai 68% (17 peserta didik tuntas) menjadi 84% pada siklus II (21 peserta didik tuntas). Simpulan, model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VIII4 SMP Negeri 1 Lebong.

Article Details

How to Cite
Safitriyanti, D. E., Sumardi , H., Haji, S., & Zahara, Z. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI SMPN 1 LEBONG. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(1), 148–158. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.1.148-158