Main Article Content
Abstract
Salah lsatu ikemampuan lmatematis lyang diperlukan dalam lpembelajaran !matematika lyaitu lkemampuan komunikasi1 matematis. Kemampuan1 ini !dibagi menjadi dua yaitu tulis_dan_lisan. Penelitian ini akan lebih fokus pada kemampuan komunikasi matematis tulis. Kemampuan ini memiliki tiga aspek yaitu written text, drawing, dan mathematical ekspression. Kemampuan ini dipengaruhi oleh aspek afektif seperti self concept. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil lkemampuan_komunikasi lmatematis tulis lsiswa dalam menyelesaikanl soali bangunl ruang sisi datarl ditinjau dari self concept. Penelitian ini adalahkpenelitian jenis deskriptif dengan metode kualitatif. Langkah pengambilan data dimulai dari memberikan angket self concept, memberikan soal tes, dan melakukan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah siswa dengan self concept rendah dapat memenuhi indikator menuliskankinformasikyang adakpada soal dengani cara menuliskan apa yang diketahui danfditanyakan oleh soal dan menggunakan modelkdanksimbol-simbol matematikafdalam menuliskan penyelesaian soal. Siswa dengan self concept sedang dapat memenuhi indikator menggunakan model dan simbol-simbolkmatematikahdalam menuliskan penyelesaianhsoal dan menuliskanhkesimpulan darifsoal dengan tepat.kSiswaudengan self concept tinggi dapat memenuhi indikator menuliskanl informasi yang ada lpadaksoal dengan cara_menuliskanl apaj yangl diketahui ldan lditanyakan oleh soal; menyajikan situasi, lide atauksolusi dari lsoal matematika dalaml bentuk gambar dengan tepatl dan jelas; menggunakan model danrlsimbol-simbol matematikaj dalamkmenuliskan penyelesaian soal; dan menuliskan lkesimpulan dari soali dengani tepat.
Article Details
Copyright (c) 2023 Enggita Rahmawati -, Toto Bara Setiawan, Lela Nur Safrida, Didik Sugeng Pambudi, Ervin Oktavianingtyas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.