Main Article Content
Abstract
Mahasiswa calon guru matematika yang memiliki peran dan fungsi dalam lingkungan pendidikan dituntut untuk berpikir tingkat tinggi dan melakukan penalaran tingkat tinggi, yang semuanya dapat terwujud dengan memiliki kemampuan dasar dalam mengkomunikasikan ide melalui pengembangan kemampuan berpikir matematis baik terhadap dirinya sendiri maupun kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis mahasiswa pada pembelajaran kalkulus integral secara keseluruhan kemampuan mahasiswa, berdasarkan kategori kemampuan, dan berdasarkan kemampuan setiap indikator kemampuan komunikasi matematis mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah kalkulus integral pada semester 4 tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 37 mahasiswa program studi pendidikan matematika di salah satu Universitas Negeri di Provinsi Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen dari penelitian ini menggunakan tes kemampuan komunikasi matematis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: (1) secara keseluruhan kemampuan komunikasi mahasiswa sebesar 75,44% berada pada kategori baik, (2) berdasarkan kategori kemampuan komunikasi matematis menunjukkan bahwa kategori sangat baik berada pada 88,67%, kategori baik berada pada 73,54%, kategori cukup berada pada 52,59%, dan kategori kurang berada pada 40%. (3) kemampuan komunikasi matematis berdasarkan indikator yakni a) mengkonsilidasi pemikiran (ide/gagasan) secara tertulis berada pada 83,06% dengan kategori sangat baik, b) menafsirkan ide atau konsep matematika dalam bentuk grafik, gambar atau tabel berada pada 78,38% dengan kategori baik, c) mengekpresikan ide matematika dengan tepat berada pada 64,86% dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis mahasiswa masih belum optimal dan memerlukan perhatian dari praktisi pendidikan.
Article Details
Copyright (c) 2023 Effie Efrida Muchlis, Nanang Priatna, Tatang Herman, Dadang Juandi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.