Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan soal penalaran matematis pada model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa kelas X D SMAN 11 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain eksperimen dalam penelitian ini adalah One-Group-Pretest-Postest dengan 4 kali pertemuan. Teknik pengambilan sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X D SMAN 11 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023 berjumlah 22 siswa. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa sebelum dan setelah mengikuti pembelajaran dengan model NHT. Kriteria pengujian, Ho ditolak jika nilai Asymp Sig. (2-tailed) lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon diketahui bahwa nilai Asymp Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara pretest dan posttest. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa setelah belajar dengan menerapkan soal penalaran matematis menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Hasil perhitungan uji N-Gain Score tersebut, menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-Gain Score adalah 74,3182 % atau 74% termasuk dalam kategori efektif, dengan nilai N-gain score minimal 30% dan maksimal 100%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan soal penalaran matematis pada model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) efektif untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa.
Article Details
Copyright (c) 2023 Sonia Anggraini Mundanti, winda ramadianti, rahmat jumri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the Journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Submission of a manuscript implies that the submitted work has not been published before (except as part of a thesis or report, or abstract); that it is not under consideration for publication elsewhere; that its publication has been approved by all co-authors. If and when the manuscript is accepted for publication, the author(s) still hold the copyright and retain publishing rights without restrictions. For the new invention, authors are suggested to manage its patent before published. The license type is CC-BY-SA 4.0.
Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.