Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP negeri 7 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C dan VII E dengan jumlah 39 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes dengan instrumen lembar angket dan tes soal. Uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji analisis kovarian. Hasil dari pengujian hipotesis diperoleh nilai  sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

Article Details

How to Cite
Sakti, I. T., Zamzaili, Teddy Alfra Siagian, Hari Sumardi, Nur Aliyyah Irsal, & Tria Utari. (2023). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(3), 427–440. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.3.427-440