Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model think pair share terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment research) dengan desain one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2022/2023 dan sampel satu kelas eksperimen yang dipilih secara purposive sampling yaitu kelas XI IPA 3 yang terdiri dari 36 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes  kemampuan pemecahan masalah matematika. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000 < taraf signifikan (α) = 0,05 dan  nilai thitung =11,742 > ttabel 1,699 . Rata-rata hasil pre-test siswa sebesar 44.93 dan rata-rata nilai post-test siswa sebesar 75,87  maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model think pair share terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika  siswa SMAN 4 Kota Bengkulu.

Article Details

How to Cite
Fransiska, R., Agustinsa, R., Yensy , N. A., Rahimah, D., Lestary, R., & Muchlis, E. E. (2023). PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMAN 4 KOTA BENGKULU. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(3), 450–461. https://doi.org/10.33369/jp2ms.7.3.450-461